Mohon tunggu...
Wisata

Savana ala Afrika di Baluran

24 Februari 2017   16:08 Diperbarui: 24 Februari 2017   16:24 0 1 0 Mohon Tunggu...
Savana ala Afrika di Baluran
dokumen pribadi

Memiliki luas 25.000 hektar Savana Baluran mampu menampung berbagai jenis hutan, tumbuhan dan juga satwa liar, sehingga tidak salah jika tempat ini juga dijuluki dengan miniatur hutan Indonesia. Taman Nasional Baluran (TNB) terletak di Desa Wonorejo, sebelah utara Banyuwangi, Jawa Timur.

Adapun sekitar 155 jenis burung yang hidup di tempat ini dan sekitar 40% di antaranya vegetasi savana, sementara itu ada sekitar 26 hewan liar yang tinggal di hutan ini, diantaranya benteng, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul dan kucing bakau.

Memulai penjelajahan tidak jauh dari pintu masuk Kamu akan melewati hutan yang hijau sepanjang tahun, atau biasa disebut evergreen. Tumbuhan di evergreen akan selalu hijau dan tak pernah kering. Hal itu karena evergreen berada di wilayah cekungan dimana terdapat sungai bawah tanah.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Setelah melewati evergreen, Kamu akan disuguhkan padang Savana dengan latar belakang Gunung Baluran. Pada musim kemarau, segala macam jenis tumbuhan akan berwarna kecokelatan layaknya di Afrika. Tapi pada musim penghujan, tumbuhan berwarna hijau di Savana Baluran.

Jika ingin melihat sebagaian besar keindahan Savana Baluran dari ketinggian, bisa menaiki gardu pandang. Dari atas gardu tersebut sejauh mata memandang akan terihat padang Savana yang sangat luas.

Di sekitar Savana, jika beruntung kamu akan melihat segerombolan rusa yang berjalan beriringan. Kerbau yang mandi di dalam kubangan besar atau burung merak yang berjalan santai melintasi hutan. Dari tepi Savana juga terdapat tulang kepala benteng yang sengaja ditempatkan di sana. Dan disitu juga menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berfoto selain di bawah pohon besar.

Disebut sebagai miniatur hutan Indonesia, tidak salah jika setiap harinya Savana Baluran selalu ramai oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri dan menjadi salah satu destinasi wisata paling dicari di Banyuwangi.