Mohon tunggu...
Nefi CahyaRahmawati
Nefi CahyaRahmawati Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Man Jadda Wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kontribusi Universitas Airlangga, Kampus Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Program Pembangunan Berkelanjutan SDGs

15 Agustus 2022   21:28 Diperbarui: 18 Agustus 2022   09:58 102 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini Indonesia dalam perjalanan dari negara berkembang menuju negara maju. Dalam mewujudkan impian tersebut, berbagai program telah dipersiapkan dan dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan Indonesia menuju tahap yang lebih baik. Lalu apa saja program tersebut? Melihat dari judul yang saya tulis, program yang dimaksud yaitu Sustainable Development Goals (SDGs). Program tersebut merupakan keberlanjutan dari Program Millenium Development Goals (MDGs) yang bertujuan melakukan perubahan dan kemajuan guna meningkatkan kesejahteraan masa depan.

Perguruan Tinggi merupakan salah satu elemen negara yang tentunya mempunyai kewajiban dalam mendorong program SDGs ini. Dengan demikian, Universitas Airlangga yang merupakan salah satu Universitas Terbaik (https://unair.ac.id/) di Indonesia diharapkan menjadi wadah dalam mempercepat program pembangunan keberlanjutan ini. Universitas Airlangga yang menerapkan sistem Kampus Merdeka Belajar sangat berperan dan harus menjadi pusat unggulan dibidang keilmuan sesuai dengan kompetensi, dimana mitra ini cocok dalam program pembangunan SDGs di bidang pendidikan. Dimana  program SDGs di bidang pendidikan ini memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, dan juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang. Program SDGs ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2015, akan tetapi implementasi di lapangan dari tujuan dari SDGs di bidang pendidikan belum sepenuhnya terealisasikan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari pendidikan di Indonesia masih belum merata.

Universitas Airlangga yang dipandang sebagai kampus bergengsi atau Universitas Terbaik bahkan sudah diakui sebagai Word Class Univercity tentunya tidak perlu diragukan lagi kompetensi yang dimilikinya. Pendidikan sebagai aspek yang termuat dalam kampus UNAIR merupakan leader yang berperan dalam membentuk kader-kader pembangunan keberlanjutan ini. Thridarma perguruan tinggi ini yang didalanya terdiri dari kumpulan mahasiswa. Dimana mahasiswa yang dikenal sebagai kaum pelajar tentu memiliki nilai lebih dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Jika melihat kuantitas, mahasiswa hanya sebagian kecil dari masyarakat yang berkewajiban dalam mewujudkan program SDGs ini. akan tetapi mahasiswa merupakan kelompok terpelajar generasi muda yang memiliki karakter kritis, inovatif, independen dan objektif. Dengan karakter tersebut, mahasiswa sangat berperan penting sebagai agen dalam percepatan perwujudan program SDGs ini. Dengan demikian, Universitas Airlangga yang merupakan salah satu Universitas terbaik berperan penting dalam mempercepat terealisasikannya program keberlanjutan SDGs ini. Salah satu pilar 17 Goals SDGs tersebut yaitu Pendidikan Bermutu. Harapnnya dengan kontribusi Universitas Airlangga dalam program ini dapat mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045.

Penulis : Nef Cahya Rahmawati

Subtema : Pembangunan Berkelanjutan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan