Mohon tunggu...
Bert Toar Polii (Bertje)
Bert Toar Polii (Bertje) Mohon Tunggu... Editor - Atlet, Pelatih, Jurnalis Bridge

Lahir 31 Agustus 1953 di Tondano. Penerima Satya Lancana Dharma Olahraga dari Presiden Jokowi, Atlet legenda dari Menpora dan Tuama Leos, Keter wo Nga'asan dari Rukun Keluarga Besar Ratulangi saat memperingati 128 tahun Dr. GSSJ Ratulangi. Sampai sekarang masih aktif sebagai atlit, pelatih dan jurnalis.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

The 4th Asia Cup Bridge Championship 2022 Event Pertama APBF Setelah Pandemi

24 September 2022   07:11 Diperbarui: 24 September 2022   07:20 116 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

The 4th Asia Cup Bridge Championship 2022 Event Pertama APBF Setelah Pandemi

Oleh : Bert Toar Polii

Indonesia telah ditetapkan oleh Asia Pacific Bridge Federation (APBF)  sebagai tuan rumah The 4th Asia Cup Bridge Championship 2022. Ini adalah event pertama yang digelar oleh APBF setelah pandemic covid-19. Tahun 2020 event APBF yang seharusnya diselenggarakan di Perth Australia dibatalkan berlanjut tahun 2021.

Indonesia sebagai salah satu negara bridge yang disegani di Asia tentu saja menerima dengan senang hati apalagi setelah kepastian Asian Games 2022 di Hangzhou ditunda ke tahun 2023.

Selain itu event The Asia Cup Bridge Championship yang dimulai tahun 2010 dengan tujuan untuk mengantisipasi jika bridge dipertandingkan di multi event serta sesuai aturan International Olympic Committee (IOC) berdasarkan benua, Indonesia banyak berperan sehingga tercapai tujuan yang dicita-citakan.

Tahun 2011 Indonesia pertama kali memasukan olahraga bridge dipertandingkan di SEA Games 2011 yang berlangsung di Palembang dan menyusul tahun 2018 ke multi event yang lebih besar lagi Asian Games 2018 di Jakarta.

World Bridge Federation menulis di lamannya atas keberhasilan ini : In a decision made by the General Assembly of the Olympic Council of Asia -- OCA -- in Da Nang, Vietnam, Bridge was included in the Asian Games 2018. This was a great step achieved for Bridge thanks to the remarkable job done and the persistent efforts undertaken by SEABF President Michael Bambang Hartono (Indonesia) and the ABF President Esther Sophonpanich (Thailand). The entire bridge world has welcomed this decision and is grateful to both Bambang and Esther.

Selanjutnya tahun 2024 bridge yang tergabung dalam mind sport game kembali dipertandingkan di Asian Games 2022 Hangzhou.

Semoga kedepan bisa kembali dipertandingkan di SEA Games terutama karena Vietnam telah bergabung menjadi anggota APBF.

Dari sisi prestasi juga tidak kalah keren, Asia Cup pertama tahun 2010 di Ning Bo, China

Tim bridge putra Indonesia berjaya di Piala Asia yang berlangsung di Ning Bo, Cina, dari 31 Agustus hingga 5 September 2010. Hanya dua kategori yang dipertandingkan, yaitu Open Team memperebutkan Ning Bo Cup dan Woman Team memperebutkan Chicheng Cup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan