Mohon tunggu...
Bertha Virginia
Bertha Virginia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Semester 5 Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Voice Over Talent | Announcer | Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Multimedia dan Elemen di Dalamnya yang Harus Kamu Ketahui

25 Februari 2021   12:12 Diperbarui: 25 Februari 2021   12:19 926 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bicara soal 'Multimedia', kamu pasti sudah tidak asing dengan kata tersebut. Saya mulai mendengar kata multimedia ketika duduk di bangku SMA sekitar tahun 2015 karena di sekolah saya terdapat ruang multimedia. Namun, walau sudah sering mendengar kata 'Multimedia', dapatkah kamu menjelaskan definisi dari 'Multimedia' ?

Multimedia merupakan gabungan dari dua kata yakni multi yang berarti banyak dan media yang berarti sesuatu yang dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah pesan atau disebut sebagai perantara. Secara umum dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan susunan dari dua atau lebih elemen dalam sebuah perantara pesan.

Definisi lain dari multimedia yakni sarana komunikasi yang memuat kombinasi beberapa elemen di dalamnya seperti teks, gambar, suara, animasi, dan video. Elemen ini pada akhirnya akan menghasilkan sebuah produk komunikasi yang disalurkan melalui media digital.

Seperti janji saya di podcast, di tulisan ini saya ingin menjabarkan mengenai beberapa jenis dari multimedia yang memiliki fungsi sebagai media informasi dan media hiburan.

  • Multimedia Interaktif, memungkinkan pengguna dari multimedia ini dapat mengontrol berbagai elemen yang ada terkait kapan multimedia harus dikirim atau ditampilkan. Tipe ini mengutamakan pemakaian multimedia yang sesuai dengan keinginan dari penggunanya.
  • Multimedia Linear, merupakan jenis dari multimedia yang tidak dapat dikontrol oleh pengguna. Pengguna hanya bisa menjadi penonton atau penikmat. Jenis ini tentu bertolak belakang dengan multimedia interaktif yang menjadikan pengguna tidak memiliki kesempatan kontrol tersebut.
  • Multimedia Hiperaktif, memungkinkan penggunanya lebih bebas dibanding multimedia interaktif. Mutimedia hiperaktif memanfaatkan hubungan antar komponen yang ada sehingga pengguna dapat lebih interaktif untuk memilih asupan informasi yang sesuai dengan selera.
  • Multimedia Kits, merupakan produk multimedia yang terdiri dari beberapa jenis media yang dikemas dalam satu topik.

Lantas, ketentuan sebuah produk komunikasi dapat disebut sebagai multimedia seperti apa? Tentunya memenuhi kolaborasi dari elemen-elemn yang ditentukan dalam syarat multimedia.

Berikut beberapa elemen dari Multimedia, diantaranya Teks, Audio, Gambar, Video, dan Animasi. Lebih lengkapnya mengenai elemen yang harus ada dalam multimedia, kamu bisa mengunjungi thread twitter yang sudah saya buat. Jangan lupa difollow untuk informasi tentang dunia multimedia lainnya yah hihi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan