Mohon tunggu...
Bernanda Ayu
Bernanda Ayu Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Merupakan mahasiwa s-1 Adm Bisnis. Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiwa KKN UNDIP Bantu Tingkatkan Kualitas UMKM Tinjomoyo Dengan Digital Marketing Melalui Platfo

13 Agustus 2022   21:44 Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:45 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Usaha kecil dan menengah adalah usaha yang bisa disebut usaha  yang produktif yang bisa dimiliki oleh orang perorang ataupun berkelompok (badan usaha) dan bukan sebuah perusahaan. Banyaknya Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) yang bermunculan membuat persaingan bisnis semakin berat sehingga banyak juga Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) yang tidak bertahan lama atau kalah saing. Setiap perusahaan memerlukan penjualan untuk mendapatkan laba dan agar dapat tetap bertahan usahanya. 

Pemasaran sangat berpengaruh terhadap penjualan suatu produk dan juga agar tetap dapat bersaing dengan pesaing-pesaingnya. Di era digital ini, perkembangan teknologi yang cepat juga sangat berpengaruh dalam berbagai bidang. Internet adalah salah satu teknologi yang perkembangannya sangat cepat. 

Di era sekarang ini, setiap orang memiliki smartphone yang juga memiliki akses ke internet. Dengan kondisi yang ada pada era digital, pemasaran yang dilakukan secara digital dapat membantu meningkatkan jangkauan pemasaran. 

Pemasaran digital (Online Marketing) adalah suatu metode atau cara memasarkan suatu produk atau jasa dengan menggunakan teknologi internet . Salah satu media internet yang banyak digemari adalah instagram merupakan media sosial yang berisikan video dan gambar dengan jangkauan yang sangat luas dan dengan instagram itu sendiri produk yang dihasikanl bisa diperlihatkan dengan sangat menarik.

Dikelurahan tinjomoyo sendiri terdapat berbagai UMKM yang dimana pemasarannya sebagian besar masih didaerah seputar kelurahan tinjomoyo itu sendiri. 

Padahal UMKM yang dihasilkan termasuk dalam produk yang berkualitas ,dan  dari berbagai survey yang dihasil sebagian besar masyarakat pelaku UMKM belum mengerti potensi dari digital marketing media sosial instagram itu sendiri. Maka dari itu perlunya sosialisasi digital marketing agar kedepannya ukm di kelurahan tinjomoyo bisa mengembangkan pemasarannya ke tingkat yang lebih luas.

dokpri
dokpri

Program Peningkatan Kualitas UMKM dengan Digital Marketing ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 27 Juli 2022 hingga masa berakhir KKN. Mulai dengan melakukan survey dan interview dengan ketua UMKM Lumintu Tinjomoyo. Dari survey yang dilakukan didapatkan informasi bahwa masih kurangnya dikenalnya UMKM yang ada di Tinjomoyo kepada masyarakat yang lebih luas. 

Dari observasi yang dilakukan, UMKM Tinjomoyo hanya fokus pada produksi produk namun melupakan strategi marketing dan branding yang juga penting dilakukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sosialsasi ini perlu dilakukan untuk mengembangkan UMKM Tinjomoyo agar lebih maju.

Pelaksanaan program kerja ini dilakukan dengan sosialisasi dengan platform media sosial WhatsApp melalui grup UMKM Lumintu Tinjomoyo dan membuat akun sosial media khusus UMKM di kelurahan Tinjomoyo dengan nama akun @njajan.tinjomoyo yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi UMKM Tinjomoyo untuk dapat memperkenalkan potensi desanya kepada masyarakat yang lebih luas. Akun instagram diserahkan kepada ketua UMKM Lumintu Tinjomoyo dan diberikan beberapa pengarahan yang terkait dengan

Stakeholders yang terlibat adalah ketua UMKM, UMKM Lumintu Tinjomoyo.

Penulis : Mayang Kurnia Widhi

DPL : Retna Hanani, S.Sos, MPP

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun