Mohon tunggu...
Bernai Jaya
Bernai Jaya Mohon Tunggu... Wiraswasta - saya adalah pejuang dan juara

hidup adalah juara, saya seorang pejuang yang selalu juara.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Skripshit

15 November 2018   09:37 Diperbarui: 16 November 2018   17:37 520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Tulisan malam ini, tulisan sambil menunggu suamiku pulang, ya dia sedang ada acara dari kantor. Posisi dia sebagai Tim Asistensi menjadi penting jika ada event seperti ini, Rakernis, FGD atau Perjalanan Dinas di luar Kota. Tapi aku tidak akan membahas tentang suamiku sekarang, pengantar saja....hehehehehe..........

tadi sore aku melihat Postingan Keponakan ku, anak dari kakak sepupuku, postingan di Instagram miliknya, terlihat disana gambar dirinya dengan sejumlah tumpukan kertas di meja belajar nya dan caption nya adalah "SKRIPSHIT". Nah, 1 kata dari postingan keponakan ku ini yang menggoda aku perlahan dengan flashback masa kuliah ku dulu yang juga jelas bertemu dan bersoulmate dengan skripsi.  Aku pun mulai mengingat dan mengulas dalam pikiran ku bagaimana dulu aku mengurus skripsi ku hampir 1 tahun, yaaaa bukan hanya karena masalah akademiknya saja tetapi ada masalah asmara juga sih disana yang menghambat, hehehehhehe.........

jelas aku masih ingat aku mulai menggarap skripsi ku sepulang aku menyelesaikan KUKERTA, kalau jaman sebelumnya sih KKN pengabdian kepada masyarakat di Desa salah satu mata kuliah yang harus di selesaikan semua mahasisiwa di Universitas ku. Aku kuliah di Universitas Negeri satu-satunya di Kota ku, waktu itu aku sudah msuk ke semester 8 awal semester genap di bulan Januari 2014.  Aku mengontrak Skripsi dengan harapan dapat aku selesaikan di bulan Mei dan agar aku bisa ikut wisuda di bulan Juni, tapi apa mau dikata karena IP ku tidak cukup tinggi dan masih ada beberapa mata kuliah yang belum aku kontrak, maka pupus lah harapan ku untuk bisa wisuda tepat di bulan Juni, sesuai target S1 ku 4 tahun selesai, sudah jelas lebih dari 8 semester ini....

oke kebali ke fokus (skripsi) karena harapan tadi yang telah pupus (wisuda bulan juni) maka aku putuskan untuk santai saja lah, aku kuliah saja seperti biasa untuk menyelesaikan sisa kontrak mata kuliah ku, skripsi ku ku sambil saja tidak aku fokuskan. Waktu berjalan, aku tetap kuliah seperti biasa dan aku kerjakan Skripsi hanya beberapa halaman saja, aku tidak serius. Awal tahun 2014  ini adalah masa yang kompleks bagi ku, tuntutan kuliah sesuai target ( 4 tahun) yang jelas gagal, mata kuliah yang belum selesai, Skrispi dan masalah asmara. Ya, yang paling menguras hati, pikiran dan tenaga ku pada awal tahun ini adalah masalah asmara ku.

Pacarku. masalah dengan pacarku, kami sudah hampir 3 tahun menjalin relasi sempat putus pada tahun kedua dengan penuh Drama yang hampir mirip dengan Drama Korea, hehehehehe. Awal 2013 kami putus dan balikkan di pertengahan tahun 2013 tepat di bulan kelahiran ku, bulan Agustus 2013, kemudian aku Kukerta di bulan Desember 2013 sampai Februari 2014. Semenjak aku Pulang Kukerta dan melanjutlkan Kontrak semester genap dan dengan niat untuk menggarap Skripsi di tahun ini juga aku mendapatkan masalah dengan pacarku, Lagi hubungan kami harus berkahir dengan alasan yang tidak bisa aku terima dan efek orang ke tiga yang sangat membuat aku kecewa. 

Masalah ini yang aku sebut juga sebagai penghambat proyek skripsi ku. Masalah asmara, but livemust go on,berlarut nya masalah ini hampir 6 bulan, sampai semester genap ku habis dan aku tidak mood menggarap lagi proyek skripsi ku, akutidak menemui Pembimbing skrpsi ku, ku biarkan Bab I yang setengah isi belum sampai itu tidur dengan nyenyak. 

Aku sibuk mencari ketenangan, ya ketenangan dari masalah asmara ku. Sampai di bulan Agustus 2014 aku tidak bisa terus lalai hanya karena 1 orang, karena yang berdo'a dan mendukung ku jauh lebih banyak dari 1 orang yang meskipun sosok nya sangat membekas. Oke, aku harus realistis skripsi ku tidak akan selesai kalau tidak aku kerjakan, semangat teman-teman juga sangat membantu ku, untuk menyelesaikan skripsi. Aku mulai lagi di, ku kerjakan dengan serius, bimbingan intens aku lakukan, revisi dengan cepat aku kerjakan, membaca lebih bayak aku lakukan hingga di awal bulan Oktober aku bisa mengajukan seminar Proposal Skripsi ku. 

Look, hanya dalam 1,5 bulan aku bisa melaksanakan seminar proposal, rasa nya yeay!!!! Sampe kepikiran waktu 6 bulan yang terbuang percuma seharusnya bisa aku manfaatkan sebaik mungkin ya walaupun kondisinya pada saat itu aku hanya menangis dan galau (akibat patah hati).dengan bantuan teman-teman ku selesailah aku seminar di awal Oktober, langsung aku gas untuk revisi di Bab II sambil menyiapkan semua instrumen penelitian ku. Pertengahan oktober aku sudah melakukan pengumpulan Data, akhir Oktober aku lakukan Pengolahan Data sekaligus langsung penyelesaian Bab IV dan Bab V. 

Tepat 3 minggu setelah seminar pengolahan Data ku selesai, aku lanjutkan dengan bimbingan rutin dengan Pembimbing skripsiku, langsung me revisi semua koreksi pembimbing sampai ACC pembimbing untuk Sidang Skripsi. One YEAY !!! again, aku siap sidang, aku mendaftarkan skripsi ku untuk di sidangkan . tepat di awal november 1 bulan pasaca seminar Porposal ku. 

Aku menunggu jadwal yang diberikan oleh pihak fakultas kapan waktu dan siapa penguji yang akan menjadi dewan penguji ku. 2 minggu aku menunggu akhirnya jadwal ku diberitahukan, tanggal 24 November 2014 aku harus siap untuk sidang,pemberitahuan hanya berjarak 4 hari dari waktu sidang, maka aku harus kebut mempersiapkan semua persyaratan dan segala keperlua-keperluan lainnya. 

Teng, pas tanggal 24 November 2014. Di temani beberapa teman ku, aku menjalani sidang skripsi ku, 2 jam aku dalam ruangan sidang, dan alhamdulillah aku di nyatakan lulus dengan nilai "B+". Lega, tenang, selesai tugasku, tugas akhir ku yang ternyata jika aku serius mengerjakan nya hanya butuh waktu 4 bulan saja, yang sudah di akumulasikan dengan semua revisi, proses janjian ketemu dosen pembimbing dan drama-drama di dalamnya, apapun itu aku bersyukur skripsi ku selesai dengan hasil memuaskan dan hanya dalam waktu 4 bulan. Bukan 1 semester yang aku target kan,  ya walaupun aku harus wisuda di semester 9.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun