Desa Ngestiharjo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kasihan. Desa Ngestiharjo memiliki luas sebesar 510 hektar yang terbagi menjadi 12 pedukuhan. Terbentuknya desa ini berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 1946 mengenai Pemerintah Kelurahan, maka kelurahan di wilayah ini dulunya hanya Kelurahan Kembang, Onggobayan, dan Sutopadan digabung menjadi satu "Kelurahan Yang Otonom” dengan nama kelurahan Ngestiharjo.
Berbagai potensi UMKM pun turut terbangun di desa ini, mulai dari kerajinan, kesenian, hingga produk makanan tradisional. Salah satu yang menarik adalah Pak Hariyadin, beliau merupakan pemilik UMKM Produsen Tas dan Dompet di Desa Ngestiharjo. Yang menarik dari usaha beliau adalah bahan yang digunakan untuk membuat Tas dan Dompet berasal dari bahan sisa seperti kain perca yang dimanfaatkan supaya tidak menjadi sampah. Kualitas produk yang dihasilkan juga tidak kalah dari tas-tas impor.
Sayangnya, karena usaha ini dijalankan perseorangan maka proses pembetukan pangsa pasar dari Pak Hariyadin kurang efisien sehingga diperlukan untuk membangun pihak ketiga yang bisa membantu usaha Pak Hariyadin. Maka dari itu, E-Commerce merupakan salah satu cara untuk memperbesar pangsa pasar dari Pak Hariyadin ini.
Apa itu E-Commerce?
Dikutip dari Investopedia, E-Commerce merupakan model bisnis yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara daring.
Mengapa E-Commerce?
Mari kita coba telusuri untuk mencari sebuah produk di internet, hasilnya produk dari E-Commerce akan muncul juga bahkan di hasil teratas seperti pada gambar.
Ini berarti bahwa E-Commerce secara organik dapat memasarkan produknya melalui hasil pencarian di Google. UMKM pun tidak perlu membayar untuk itu, hanya saja tentu rating dari produk dan ulasan harus ditingkatkan semaksimal mungkin. Untuk mendukung hal tersebut dapat dibantu dengan menyelipkan kertas berupa review untuk UMKM di E-Commerce setiap pembelian produk melalui situ E-Commerce.
Dengan bantuan dari E-Commerce diharapkan Pak Hariyadin dapat menemukan pelanggan-pelanggan baru yang membuat bisnisnya dapat berkembang lebih besar lagi. Sangat disayangkan bila produk dengan kualitas bagus seperti buatan Pak Hariyadin kalah dengan produk-produk lain karena tidak menggunakan E-Commerce sebagai sarana penunjang kegiatan bisnisnya.