Mohon tunggu...
Bernadetta Azalia
Bernadetta Azalia Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Sedang belajar menulis dan dunia Jurnalisme lainnya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menelusuri Perkembangan Jurnalisme Online Dunia dan Indonesia

22 September 2019   12:50 Diperbarui: 22 September 2019   13:41 0 1 0 Mohon Tunggu...
Menelusuri Perkembangan Jurnalisme Online Dunia dan Indonesia
Sumber gambar: givingcompass.org


Jurnalisme Online selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa menjadi lebih efektif, mampu memudahkan pengguna dan berkembang dengan tak tak lepas dari  kebutuhan setiap manusia.

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata "Jurnalisme Online"?

Yuk, kita bahas secara singkat mengenai Jurnalisme Online.

Menurut Nurul,  Jurnalisme online atau online journalism merupakan bentuk praktik jurnalistik yang menggunakan perantara internet, dan jurnalisme online ini bisa saja dilakukan oleh profesional jurnalis maupun jurnalis warga yang menulis seuatu di blognya. Dalam hal ini, diungkapkan pula bahwa 

karakter terpenting dari jurnalisme online ialah interactivity atau timbal balik dengan mengikutsertakan audiens untuk berpartisipasi secara langsung.

Lalu, bagaimana sejarah perkembangan Jurnalisme Online itu sendiri?

SEJARAH PERKEMBANGAN JURNALISME ONLINE DUNIA

1. 1963 : Jurnalisme Online pertama kali ditandai dengan pembuatan konsep hypertext yang dibuat oleh Ted Nelson, yang merupakan mahasiswa sosiologi, pemikir keras, dan juga mampu menguasai komputer di Harvard.

2. 1965 :  Hypertext yang Nelson formulasikan mulai diaplikasikan pada surat kabar atau media cetak pertama.

3.  1969 : Kemunculan dan pengoperasian ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), jaringan computer yang dibuat oleh Badan proyek Penelitian Berkelanjutan yang merupakan entitas dari Pemerintah Pertahanan Amerika. Kemunculan ARPANET pada tahun ini dijadikan sebagai penanda akan kemunculan internet, yang tujuannya saat itu adalah untuk bertahan dari serangan nuklir. 

4. 1971 :  Muncul istilah sistem baru yakni "teletext" yang dimunculkan oleh BBC. Teletext merupakan sebuah loop "halaman" yang disiarkan di TV, tidak bersifat interaktif, layanannya dibatasi, dan tidak memiliki kecepatan penuh. Dalam tahap ini, sudah menggunakan medium tambahan yakni Televisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4