Viva.co.id merupakan media online Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat. Namun, tidak semua karakteristik media baru dimiliki oleh viva.co.id
Viva.co.id merupakan sebuah media yang tergabung dengan Viva Group yang terdiri dari antv, TvOne, dan viva itu sendiri. Viva.co.id muncul sejak tahun 2008 dengan memuat informasi yang bermanfaat dan menghibur.
Viva.co.id merupakan media online swasta yang memuat berbagai informasi dan/ berita nasional dari berbagai aspek, seperti dalam aspek otomotif, hiburan, olahraga, bahkan menyediakan informasi seputar haji. viva.co.id dirancang untuk memfokuskan penyebaran informasi ke ranah hiburan atau bidang lain selain ekonomi dan politik.Â
Namun, yang membedakan viva.co.id dengan media online lainnya ialah, situs viva.co.id menggunakan bahasa yang cenderung tidak formal. Portal media online ini juga lebih banyak mengunggah informasi atau berita yang bersifat softnews (berita ringan).
Lalu, apakah viva.co.id sesuai dengan karakteristik media baru?
Menurut Lister (2009), terdapat 6 karakteristik sebuah media baru yakni, digital, interactivity, hypertextual, networked, virtual, dan simulated. Mari kita ulas karakteristik media baru yang terdapat pada viva.co.id.
1. DigitalÂ
2. Interactivity
3. Hypertextual