Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Berbagi kisah kasih kehidupan

Email: berlianamartha@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Artikel Siswa Kelas 6 SD Menjadi Salah Satu Konten Terbaik di Bulan Agustus

24 September 2020   14:50 Diperbarui: 24 September 2020   14:59 299 68 24 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Artikel Siswa Kelas 6 SD Menjadi Salah Satu Konten Terbaik di Bulan Agustus
Tangkapan Layar Laman Kompasiana (Dokumentasi Pribadi)

1 dari 30 Pelajar/Mahasiswa dengan Konten Terbaik Periode Agustus Ini Dapat Voucher Menginap Gratis!

Sebenarnya pengumuman pemenang Blog Competition Kirim Tugas di Kompasiana sudah sedari tiga hari yang lalu muncul di laman Kompasiana (K), namun baru hari ini bisa mewujudkan tulsan ini sebagai ungkapan syukur.

Tidak menyangka juga sebenarnya. Saat membaca pengumuman dari K, tidak berharap akan ada namanya di sana. Bagaimana tidak, saingannya sebagian besar mahasiswa dan pelajar kelas menengah.

Tapi ternyata, namanya sungguh ada tertera d sana, dengan judul artikel Serunya Kegiatan Perkemahan Pramuka Sekolahku. Penulisnya tak lain adalah Richard Hasonangan Prakoso, anak saya yang kerap saya panggil dengan sebutan "Si Ganteng " dalam tulisan-tulisan saya. Usianya baru 12 tahun, dan duduk di Kelas 6 SD.

Bergabung di Kompasiana sejak 5 Agustus lalu, si Ganteng baru menulis dua artikel, yang Puji Tuhan, keduanya diganjar label Pilihan oleh Admin K.

Bergabungnya Si Ganteng di K berawal dari perintah Guru Bahasa Indonesia si Ganteng yang mewajibkan siswa membuat tulisan tentang hewan atau tumbuhan kesayangan. Begitu tulisannya telah siap dan akan dikirim ke Google Classroom, saya menawarinya untuk mengirimkan juga ke K. Tentunya dengan membuat akun terlebih dahulu.

Dan dengan perbaikan sedikit pada tulisannya, yang itupun kami lakukan bersama, terciptalah artikel pertamanya yang berjudul Ikan Cupang dan Pernak-perniknya.

Mengetahui artikelnya mendapat label Pilihan, si Ganteng semakin semangat. Hanya si ganteng bingung mau menulis tentang apa. Kemudian saya ingatkan kembali tentang kegiatan perkemahan yang pernah diikutinya satu bulan sebelum pandemi.

Selanjutnya selama berhari-hari, di sela-sela kegiatan belajarnya, Si ganteng menyusun artikel ini. Sesekali saja saya tuntun bila si Ganteng bingung menerjemahkan apa yang ada dalam pikirannya kedalam tulisan.

Dengan mengandalkan ingatan serta catatan di jurnal hariannya tentang rangkaian kegiatan perkemahan selama tiga hari tersebut, akhirnya terciptalah artikel ke dua. Artikel kedua ini kembali diberi label Pilihan oleh K, bahkan menjadi salah satu artikel terbaik dan menarik di Bulan Agustus dalam kompetisi blog tersebut. 

Sesungguhnya tulisan si Ganteng masih jauh dari sempurna. Penyusunan dan penulisan kata-kata masih berantakan, kesalahan ketik pun dimana-mana. Akan tetapi, sangat senang dan berterimakasih untuk K yang memberi kesempatan pada tulisan siswa kelas 6 SD seperti Si Ganteng masuk dalam jajaran artikel terbaik di Bulan Agustus. Lebih senang lagi melihat Mbak Widha Karina dari K ikut memberi vote di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN