Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Penolong Suami

Alumnus Fahutan pencinta musik

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Sutra Bombay, si Cantik yang Rajin Berbunga dan Mudah Perawatannya

23 September 2020   12:10 Diperbarui: 1 Oktober 2020   03:06 537 46 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sutra Bombay, si Cantik yang Rajin Berbunga dan Mudah Perawatannya
Ilustrasi Sutra Bombay (Dokumentasi Martha Weda)

Sejak pandemi datang dan semua kegiatan harus dilakukan di rumah, waktu luang tersisa cukup banyak. Semenjak saat itu, saya memiliki kesenangan baru.

Saya mulai memberi perhatian lebih pada sepetak mungil lahan di depan rumah yang selama ini gersang dan terbengkalai. Begitu pula dengan satu pot tanaman hias yang tak terurus.

Beberapa tahun lalu saya pernah mencoba memelihara tanaman Pucuk Merah dalam sebuah pot. Namun karena tidak rutin menyiram, tak berapa lama Pucuk Merah itu pun meranggas dan menemukan ajalnya. Padahal hanya satu pot! Duh menyesalnya saya sudah menyiksa tanaman dengan mengabaikannya.

Akhirnya pot bekas Pucuk Merah saya pakai untuk menanam tanaman hias lain yang memiliki bentuk dan warna bunga sangat cantik, yaitu Sutra Bombay. Bibit tanaman hias Sutra Bombay ini didapatkan Ibunda tercinta kala berkunjung ke rumah seorang kerabat.

Sebelum pandemi, Sutra Bombay ini hampir tidak pernah mendapat perhatian. Saya biarkan tumbuh begitu saja, tanpa rutin disiram.

Untunglah Sutra Bombay yang berasal dari Amerika Selatan ini (Brasil, Argentina, dan Uruguay), tergolong kultivar yang mudah perawatannya, serta toleran terhadap kekeringan dan cuaca panas. Sehingga meskipun diabaikan dan jarang menemui air tetap mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sutra Bombay memiliki nama Latin Portulaca grandiflora, dikenal dengan beragan nama baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris. Antara lain Bunga Pukul Sembilan, Bunga Krokot, Mawar Lumut, moss rose, eleven o'clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane.

Tanaman yang berbentuk sukulen ini memiliki cabang dengan panjang 10-30 cm dan memiliki banyak percabangan. Daunnya memiliki panjang sekitar 12-35 mm dengan lebar berkisar 1-5 mm, berdaging dan berbentuk ellips runcing. Tangkai bunga pendek dengan rambut-rambut halus di bagian ketiaknya.

Bentuk mahkota bunga seperti bunga mawar dalam ukuran kecil. Warna bunganya beraneka ragam mulai dari merah muda, magenta, merah tua, oranye, kuning, dan putih.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN