Mohon tunggu...
Berliana Ayu
Berliana Ayu Mohon Tunggu... seorang mahasiswa yang dituntut kreatif di dunia kompetitif~

z

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa UNS Edukasi dan Memberdayakan Masyarakat dalam Kegiatan KKN Era Covid-19

12 Juli 2020   13:22 Diperbarui: 12 Juli 2020   13:13 13 1 0 Mohon Tunggu...

Menghadapi Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNS Mengedukasi dan Memberdayakan Masyarakat dalam Kegiatan KKN UNS Era Covid-19

(Cilacap, 12/07/2020) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merekognisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan Mahasiswa KKN UNS ke berbagai wilayah di Indonesia dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Program KKN yang biasanya dilaksanakan di lapangan dan berkelompok, pada masa pandemi Covid-19 ini diubah menjadi KKN daring dengan memanfaatkan teknologi di wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa secara individu.

Berliana Ayu Rahmasari (NIM F0117031), mahasiswa Ekonomi Pembangunan FEB UNS telah melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN UNS Era Covid-19 di kampung halamannya sendiri, tepatnya di RT 01 RW 15 Kelurahan Mertasinga Cilacap dengan mengambil tema "Kesehatan Masyarakat". Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 45 hari yaitu pada tanggal 15 Mei 2020 - 30 Juni 2020 dengan didampingi dosen pembimbing lapangan Bapak Yayan Suherlan, S.Sn.,M.Sn.

Kegiatan yang telah dijalankan antara lain sosialisasi (share dan open forum) mengenai Covid-19 dari mulai cara penyebaran hingga pencegahannya melalui media grup whatsapp warga, fasilitasi masker dan sabun cuci tangan pada kegiatan imunisasi di praktek bidan mandiri Sri Murwani yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan disertai edukasi mengenai pentingnya menggunakan masker dan langkah cuci tangan yang baik dan benar, serta penempelan poster mengenai Covid-19, New Normal, dan Langkah Cuci Tangan di lingkungan warga yang mudah dijangkau dan dilalui banyak orang.

Selain itu, warga RT 01 RW 15 Mertasinga khususnya ibu-ibu PKK turut berpartisipasi dalam pembuatan hand sanitizer alami berbahan lidah buaya dan daun kemangi, disinfektan sederhana berbahan karbol, dan masker kain secara mandiri. Umpan balik yang didapat oleh partisipan tersebut yaitu pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gula darah, pembagian suplemen makanan, fasilitasi masker, dan pembagian benih tanaman dengan bermedia pot dari limbah plastik secara gratis.

Program kegiatan lainnya yaitu inisiasi dalam pembuatan APD Face Shield yang dibagikan kepada para tenaga medis di Klinik Indira dan praktek bidan mandiri Sri Murwani yang berlokasi di RT 01/15 Metasinga serta kepada warga yang dalam aktivitas atau pekerjaannya banyak bertemu orang seperti penjual toko kelontong, penjual di tempat pelelangan ikan, pedagang di pasar, dan lain sebagainya. Tidak lupa juga, Berliana membantu menjaga kebersihan fasilitas kesehatan (Klinik Indira dan praktek bidan mandiri Sri Murwani) dengan penyemprotan disinfektan secara rutin setiap satu minggu sekali.

Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 ini telah mendapat respons positif serta apresiasi dari warga setempat, mereka merasa sangat terbantu dan bertambah pengetahuan mengenai Covid-19 serta dapat berperan aktif dalam berbagai upaya pencegahan maupun pemberantasan Covid-19. "Dengan adanya kegiatan KKN ini sangat bermanfaat sekali untuk warga disini melalui ilmu dan penyuluhannya sehingga kita bisa berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19," ujar Bu Ermi selaku Ibu Ketua RW 15 Mertasinga, Kamis (02/07/2020).

VIDEO PILIHAN