Mohon tunggu...
Expert
Expert Mohon Tunggu...

Tulisan seputar kesehatan, travelling, makanan, bisnis, dan berbagai jenis tulisan lainnya. Selamat membaca dan menikmati

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Contemporary Fashion, Konsep Fashion yang Ditawarkan Fabian

6 Mei 2019   14:30 Diperbarui: 7 Mei 2019   13:37 0 1 1 Mohon Tunggu...

Industri fashion di tanah air memang lagi bagus-bagusnya. Bagaimana tidak, jika melihat kesekitaran kita maka akan banyak terlihat orang yang menjual pakaian. Entah itu dropship ataupun menjadi suplier sendiri. Tidak hanya pada level orang umum saja, tetapi juga ada pada level artis. Lihat saja saat ini, hampir semua artis memiliki brand pakaian sendiri. Makin menjamurnya bisnis ini maka makin terlihat bisnis ini sangat kompetitif.

Melihat persaingan bisnis yang kompetitif, salah satu designer tanah air bernama Fabian Nasution juga membuka bisnis yang sama dengan menggunakan brand sendiri. Mengusung nama fabian nasution membuat bisnis ini siap berkembang pesat dan bersaing dengan market lokal dan global. Konsep fashion yang ditawarkan adalah Contemporary Fashion yang memiliki makna kesesuaian antara gaya, harga dan pemakaian. Konsep busana kontemporer tidak banyak di Indonesia. Bahkan mungkin jika kamu mencari tentang contemporary fashion yang ada di Indonesia via google mungkin saja tidak bertemu. Jadi market ini cukup spesifik dan jelas.

Bisnis yang dikembangkan Fabian sepertinya lebih fokus ke pangsa pasar luar negeri karena website mereka menggunakan bahasa inggris dan jika dilihat dihalaman titelnya menggunakan kata - kata Avant-garde Fashion House. Avant-garde sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya PELOPOR. Tentu saja ini bisa diartikan fabian nasution menjadi salah satu pelopor pakaian busana kontemporer yang ada di Indonesia.

Namun apa sih tantangan yang akan dihadapi oleh bisnis fashion ini? Berhubung saya beberapa kali handle bisnis fashion baik yang levelnya online shop hingga level brand cukup besar (rata-rata penjualan bulanan 200-300juta perbulan). Maka saya akan sedikit memaparkan

1. Design dan Harga Memiliki Korelasi yang Kuat

Pemilihan design yang tepat dan sesuai selera pasar bukanlah hal yang mudah. Jika kita ingin harga cukup mahal maka pastikan design yang dibikin sesuai dengan pasar. Pernah suatu kali tim kami mencoba beberapa design, ketika design A paling diminati maka harganya akan paling mahal. Namun ketika design yang kita bikin terlalu out of the box alias tidak terbayangkan dan tidak sesuai dengan pasar maka kamu akan zonk. Mau harga murah juga akan sangat sulit. Beda hal nya dengan design pasaran, kamu tidak akan bisa terlalu bersaing dengan harga tinggi.

2. Branding dan Kepercayaan Menjadi Investasi Nyata

Percaya atau tidak, semua hal yang berhubungan dengan marketing (yang tujuannya untuk branding) akan sangat menunjang kepercayaan pelanggan dikemudian hari. Investasikan waktu dan tenaga anda tidak hanya terhadap design dan kualitas tetapi branding yang kuat akan membuat posisimu bisnis pakaian ini tidak gampang diganggu oleh kompetitor sejenis. Bisnis fashion ini tentu tidaklah sulit ditiru kompetitor karena market ini sangat kompetitif tetapi dengan semakin kuat brand kamu maka investasi akan kepercayaan pelanggan menjadi nilai lebih didalamnya.

Nah, sekian dulu pembahasan kami kali ini. Semoga menjadi manfaat.