Finansial

Hal yang Harus Dilakukan Jika Salah Transfer Uang

13 September 2018   16:09 Diperbarui: 13 September 2018   16:15 822 0 0
Hal yang Harus Dilakukan Jika Salah Transfer Uang
(indianmoney.com)

Fitur transfer uang harus menjadi fitur yang penting dan harus dikuasai oleh banyak orang. Hal tersebut juga didukung oleh berbagai macam bank dan aplikasi yang menyediakan layanan transfer uang. Fitur transfer uang tentunya akan memudahkan seseorang yang hendak memberikan uang dalam jumlah yang besar.

Walaupun memudahkan penggunanya, transfer uang ternyata memiliki kelemahan. Selain secara teknis, kelemahan tersebut juga ada pada diri penggunanya. Tidak sedikit pengguna transfer uang yang melakukan kesalahan dan justru membuat uang yang akan ditransfer masuk ke rekening orang yang tidak dikenal. Untuk itu, hal ini perlu dilakukan jika salah mentransfer uang ke rekening tidak dikenal.

1. Memberikan Laporan

Hal yang harus Anda lakukan jika salah mentransfer uang adalah memberikan laporan baik ke bank ataupun pihak penyedia layanan transfer yang digunakan. Namun, jika tidak memngkinkan pergi secara langsung, Anda bisa memberikan laporan melalui layanan customer service.

Pada sata menghubungi pihak terkait, Anda harus menceritakan kronologi terjadinya kesalahan tersebut. Sertakan pula bukti transfer untuk semakin meyakinkan pihak penyedia layanan transfer.

2. Tunggu Telepon dari Pihak Terkait

Setelah selesai memberikan laporan kepada pihak terkait, Anda harus menunggu pihak terkait memverifikasi laporan Anda. Pihak bank akan menjadi mediator bagi Anda dan pemilik rekening yang menerima uang Anda.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus pihak penerima salah transfer tidak ingin mengembalikan uang tersebut. Namun, pada umumnya pihak penerima akan luluh dan mengembalikan uang yang salah transfer tersebut.

3. Belajar dari Kesalahan

Maraknya kejadian salah transfer uang harusnya dapat menjadi pelajaran berharga bagi Anda agar tidak mengulangi atau melakukan hal yang serupa. Anda harus lebih teliti dalam mengisi nomor rekening tujuan. Selain itu, untuk mendapatkan pengalaman transfer uang yang aman dan mudah, Anda bisa menggunakan MoTransfer.

Sebagai anak perusahaan dari PT Hensel Davest Indonesia (HDI), MoTransfer memberikan pelayanan 24 jam dan dapat dilakukan dimana pun kapan pun, dalam negeri dan luar negeri, baik melalui web ataupun mobile. MoTransfer tidak menarik biaya administrasi di setiap transaksinya. Hal tersebut tentunya tidak dapat dilakukan pihak bank manapun.