Mohon tunggu...
Sosbud

Empat Kabupaten Fokus Komersilkan Lanudad Gatot Subroto

9 Mei 2017   21:22 Diperbarui: 9 Mei 2017   21:32 656 0 0 Mohon Tunggu...

Way Kanan, Lampung 

Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim bersama Wakilnya, Beta Juana menerima kunjungan para pimpinan DPRD dari OKU Raya (Ogan Komering Ulu Induk, Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, red). Selasa (9/5). 

Pertemuan dengan pimpinan DPRD Oku Raya tersebut, guna menindak lanjuti rencana dijadikannya Lapangan Udara Gatot Subroto, yang ada di Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan, sebagai lapangan udara komersil dan dapat digunakan untuk umum layaknya beberapa lapangan udara milik Angkatan Darat di daerah lain, apalagi poisisinya sangat mendukung karena terletak ditengah tengah 4 Kabupaten. 

"Rencana menjadikan Lanudad Gatot Suroto ini sebagai Lapangan Udara Komersil kan sudah sejak lama digaungkan, akan tetapi hingga kini belum juga terealisasi, sementara adanya lapangan udara sudah sangat mendesak sesuai dengan kemajuan zaman, oleh karena itu, kami dari 4 Kabupaten ini sepakat menggelar pertemuan di Way kanan, (Kantor DPRD Way Kanan), untuk menanyakan sejauh mana realisasi dari rencana tersebut, dan kami sepakat untuk membuat keputusan bersama yang nanti akan dibawa ke Panglima TNI maupun ke pemerintah pusat, dengan harapan, rencana itu segera terealisasi karena kondisi sudah sangat mendesak dari segala segi,“ ujar Ketua DPRD OKu Timur Provinsi Sumatera Selatan Beni Defitson S.IP.MM mewakil Ketua DPRD Oku Induk dan Ketua DPRD Oku Selatan, saat dikofirmasi usai menggelar pembicaraan dengan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Way Kanan. 

Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim, S.Pd, pada kesempatan yang sama menerangkan, bahwa pertemuan itu akan ditindak lanjuti dengan pertemuan yang lebih luas, yakni akan melibatkan kabupaten lain yang dianggap sangat membutuhkan kehadiran Lapangan udara untuk memperlancar dan mempermudah semua aktivitas sosial, baik tugas maupun guna percepatan Investasi dan pembangunan ekonomi masyarakat. 

"Dalam waktu dekat, kami berempat akan mengajak kabupaten lain (Lampung Utara Lampung, Barat dan Tulang Bawang Maupun Mesuji), untuk memberikan dukungan atas rencana ini, dan setelah rekomendasi itu lengkap. Secara bersama-sama pula kami akan berangkat langsung menghadap Kasad, Panglima TNI dan bahkan kalau memungkin ke Presiden RI, karena dari keterangan Kadishub Way Kanan, realisasi menjadikan Lanudad Gatot Subroto sebagai Lapangan Udara Komersil hanya menunggu izin dari Kasad /Panglima TNI serta menunggu terbitnya Perpres,” terang Nikman Karim. 

Terpisah Kadishub Way Kanan, M Odhany SH, membenarkan penyampaian Ketua DPRD Way Kanan, dan bahkan untuk mendukung realisasi itu, Pemkab Way kanan sudah melakukan beberapa pembangunan di lanudad, "Hasil ukur kami, landasan yang ada di Lanudad Gatot Subroto ini jauh lebih panjang dari yang ada di Raden Intan, Lampung Selatan, selain itu, pendukungnya juga cukup signifikan, antara lain kabupaten Oku Timur, Kabupaten Oku Selatan, Kabupaten Oku Induk, dari Sumatera selatan, sementara dari Provinsi Lampung selain Kabupaten Way kanan, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tulkang Bawang, Kabuten Mesuji dan Kabupaten Lampung Barat, juga akan sangat diuntungkan, bila Lapangan Udara milik TNI Angkatan Darat ini menjadi Lapangan Udara Komersil, selain mempermudah akses kemanapun, juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor dalam menanamkan modalnya di kabupaten-kabupaten tadi. Terutama Way Kanan,” tegas M, Odhany SH. 

Diterangkan, rencana menjadikan Lanudad Gatot Subroto Way Tuba menjadi Lapangan Udara Komersil sudah digaungkan sejak masa kepemipinan Bupati Drs. Tamanuri, MM, dan bahkan disaat mulai menjadi Bupati Way Kanan, Hi Bustami Zainudin, S.Pd, MM berjanji akan memprioritaskan menjadikan Lanudad sebagai lapangan Udara Momersil, akan tetapi hingga 5 tahun jabatannya habis dan digantikan oleh Hi Raden Adipati Surya SH, MM, Lanudad Gatoto subroto belum juga menjadi lapangan udara komersial

Laporan : Adjie

VIDEO PILIHAN