Mohon tunggu...
beriliant noval
beriliant noval Mohon Tunggu... Undergraduated Geologist

Teknik Geologi, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Bersama Warga Maerasari Bangun Benteng Cegah Covid-19

15 Agustus 2020   12:00 Diperbarui: 15 Agustus 2020   12:13 10 1 1 Mohon Tunggu...

Tembalang (26/7) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan kolaborasi bersama di lingkungan Kelurahan Tembalang, tepatnya di RT.04/RW.02 Maerasari pada hari Minggu, 26 Juli 2020. Kegiatan dilaksanakan di sore hari sekitar pukul 15.30 WIB di salah satu rumah warga RT.04/RW.02.

Salah satu kegiatan kolaborasi yang dilakukan berupa pemberian masker kain dan penyuluhan seputar penggunaan masker serta penguatan Gerakan #Pakaimasker kepada ibu-ibu PKK di lingkungan tersebut oleh Seto Aji Wisnujati (21) mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut dilakukan juga pembagian leaflet atau brosur berisi infografis materi yang disampaikan pada penyuluhan agar bisa di baca kembali dan dibawa pulang oleh warga.

"Salah satu permasalahan yang dimiliki warga di lingkungan RT.04/RW.02 adalah masih kurangnya sosialisasi dan penyuluhan seputar Covid-19 dimana warga masih mendapatkan informasi dari internet ataupun media sosial saja" Ujar Pak Sukoco selaku Ketua RT.04/RW.02 ketika diwawancarai pada tanggal 5 Juli 2020 di rumahnya.

Kegiatan program kolaborasi KKN di laksanakan oleh gabungan beberapa mahasiswa Universitas Diponegoro yang melaksanakan kegiatan individu di tempat yang sama. Salah satu kegiatan tersebut adalah penyuluhan seputar penggunaan masker dan pembagian masker kepada ibu-ibu PKK yang menjadi peserta kegiatan.

Penyuluhan disertai dengan memberikan peragaan langsung bagaimana cara menggunakan masker yang benar, bagian mana yang sebaiknya tidak disentuh Ketika menggunakan masker, dan dilengkapi juga dengan pembagian brosur yang berisi informasi seputar penggunaan masker kain sesuai anjuran dari institusi Kesehatan yang berwenang.

sebagaimana yang kita tahu saat ini Indonesia sudah memasuki "tatanan kehidupan baru" sebagaimana pidato resmi yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo di istana merdeka pada 15 Mei 2020 yang di kutip dari promkes.kemkes.go.id.

Salah satu adaptasi kebiasaan baru sebagaimana di lansir dalam artikel promkes.kemkes.go.id yang berjudul "Menuju Adaptasi-Kebiasaan Baru" adalah pakai masker ketika berkegiatan di luar rumah. Namun, hal tersebut perlu didukung pula dengan selalu rajin mencuci tangan dan melakukan jaga jarak.

Maka dari itu sangat perlu adanya pencerdasan baik dalam bentuk sosialisasi agar warga memahami mulai dari jenis masker yang bisa digunakan, dan tata cara menggunakan yang baik agar penggunaan masker bisa efektif membantu menekan penyebaran Covid-19 terkhusus di lingkungan RT.04/RW.02 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Semarang.

VIDEO PILIHAN