Mohon tunggu...
Andi Wisnudjaya
Andi Wisnudjaya Mohon Tunggu... Sebaik-baik Manusia adalah yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Peminat Sosial Media dan Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Ramadhan Datang Saatnya Mendulang Uang

8 Mei 2019   11:02 Diperbarui: 8 Mei 2019   11:26 32 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadhan Datang Saatnya Mendulang Uang
http://tokomobile.co.id/

Umat Islam di Indonesia menyambut dengan sukacita. Bulan yang penuh berkah ini tentunya juga menghadirkan banyak berkah bagi para pelaku bisnis online. Berkah yang mereka rasakan semakin nikmat dengan meningkatnya penjualan ketika Ramadhan. Momen Ramadhan ini memang menjadi momen yang sangat baik untuk menggenjot penjualan untuk meningkatkan keuntungan.

Berdasarkan penelitian dari Google dan iPrice, bulan Ramadhan menempati posisi teratas mengalahkan harbolnas (Hari Belanja Nasional). Kontribusi Ramadhan untuk para pemilik usaha khususnya mereka yang memiliki toko online sangatlah besar. Bulan Ramadhan selalu menjadi event populer belanja di tiap tahunnya.

Sebetulnya fakta ini tidaklah terlalu mengagetkan karena adanya budaya belanja di bulan Ramadhan yang menyebabkan konsumsi masyarakat meningkat secara signifikan. Selain itu juga, adanya tambahan penghasilan untuk masyarakat seperti THR (Tunjangan Hari Raya) ikut mendorong hal ini.

Melihat banyaknya peluang yang bisa didulang oleh para pemilik usaha khususnya bisnis online tentunya tidak bisa begitu saja melewatkan peluang ini. Berikut tips agar Anda bisa memanfaatkan bulan Ramadhan untuk mendulang uang :

1. Menentukan Strategi yang Tepat Sesuai dengan Bisnis Anda

Di bulan Ramadhan ini peluang untuk mendulang keuntungan sangat besar sekali. Namun di samping itu juga persaingannya juga ketat. Maka yang pertama kali Anda harus lakukan adalah menentukan strategi yang tepat. Hal ini mutlak Anda lakukan. Strategi yang Anda rumuskan juga ada baiknya berbasis pengalaman atau data.

Sebagai masukan untuk Anda, bisnis yang biasanya trending saat Ramadhan adalah : fashion, personal care, gadget, dan kuliner. Produk seperti baju muslim, perlengkapan sholat adalah produk fashion yang populer. Untuk kuliner yang selalu menjadi trending adalah menu untuk berbuka puasa dan juga sahur.

2. Cek Kesiapan Produk Anda

Jika Anda sudah siap untuk menyambut bulan Ramadhan maka Anda harus pastikan inventory produk Anda sudah siap. Ini dikarenakan bulan Ramadhan memiliki demand yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bulan biasa. Jika Anda memproduksi produk sendiri maka menjelang bulan Ramadhan Anda harus meningkatkan kapasitas produksi.

Selain itu,  jangan lupakan untuk selalu update produk-produk yang Anda jual. Jika Anda memiliki toko online, maka pastikan tampilan produk Anda sudah benar dilengkapi juga dengan deskripsi produk. Ini penting agar konsumen tidak menjadi bingung ketika membeli produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

3. Melakukan Promo Lebih Awal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN