Mohon tunggu...
Usaha Desa
Usaha Desa Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Wisata Alam Menakjubkan Adonara

10 Maret 2016   10:03 Diperbarui: 10 Maret 2016   10:11 91 0 0 Mohon Tunggu...

Keindahan pantai dengan pasir putih, air nan jernih dan gugusan pulau memikat mata, itulah Adonara, sebuah pulau kecil di Kabupaten Flores Timur. Begitu indahnya deretan pantai ini sehingga para penikmat wisata menyebutnya sebagai pulau romantis. Sayang, hinga hari ini Adonara belum dikembangkan padahal memiliki daya pikat berkelas dunia.

Luasnya hanya 509 kilometer persegi sehingga tidak akan butuh banyak waktu untuk menelusuri keindahan bagian per bagian pulau ini. Pantai Watotena adalah salahsatu obyek wisata yang paling banyak dikunjungi. Pantainya yang tidak terlalu panjang tetapi berpasir putih, ombak tenang dan air nan jernih membuatnya menjadi magnit yang tak pernah sepri dari decak para pengunjungnya.

Itu baru salahsatu pesona di sini. Beberapa pulau kecil di sekitar Adonara adalah pesona yang tak boleh terlewat. Ada pulau pasir putih yang menyajikan atraksi alam fenomenal. JIka air pasang tiba, pulau yang menyembul berwarna putih itu bakal terlihat hanya puncaknya saja. Dan jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Lombata, tetanga Adonara.

Transportasi memang masih menjadi kendala untuk sampai ke tempat ini. Menuju ke Adonara harus melalui Larantuka, Ibukota Flores Timur. Larantuka sendiri memiliki pesona wisata religi yang meriah dan indah dengan festival-festivalnya. Dari Larantuka pengunjung harus naik perahu selama 1,5 jam menuju Desa Weiwerang. Dari Weiwerang naik angkutan selama 30 menit dan sampailah pada surga wisata.

Jangan bayangkan jalan aspal nan mulus sebagaimana obyek wisata lain di berbagai belahan bumi Indonesia. Fasilitas umum seperti jalan memang masih jadi salahsatu persoalan di sini. Tetapi percayalah, keperawanan alam Adonara akan menghapus semua lelah perjalanan Anda.

Alam yang masih perawan adalah pesona yang tidak bisa ditawar oleh obyek wisata lain di sini. Tidak ada bergang menuju obyek wisata dan sangat jarang warung-warung peneydia makanan dan minuman di sana. Pantai-pantai yang indah itu bahkan sebagian belum memiliki nama.

Selama ini obyek-obyek wisata ini baru dikunjungi oleh warga di sekitar Flores saja. Namun begitu ratusan fotografer dan para penyuka jalan-jalan di alam perawan hilir mudik ke sana. Karenanya, meski belum banyak dikunjungi orang dari belahan nusantara yang lain tetapi gambar-gambar menawan tempat ini sudah tersebar ke seluruh dunia.

Jika dikelola dengan baik inilah potensi wisata yang sangat mungkin menjadi magnit dunia. Pantai-pantainya yang elok, airnya yang bening dan gugusan pulau yang indah adalah deretan alam yang tak mudah ditemui di belahan bumi lainnya.

Baca Juga : Adonara, Pesona Desa Wisata Berkelas Dunia 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x