Mohon tunggu...
Anjar Anastasia
Anjar Anastasia Mohon Tunggu... Penulis - ... karena menulis adalah berbagi hidup ...

saya perempuan dan senang menulis, menulis apa saja maka lebih senang disebut "penulis" daripada "novelis" berharap tulisan saya tetap boleh dinikmati masyarakat pembaca sepanjang masa FB/Youtube : Anjar Anastasia IG /Twitter : berajasenja

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Biar Lambung Enakeun

28 Juni 2021   15:13 Diperbarui: 28 Juni 2021   15:22 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yang namanya saran itu kadang hanya berupa saran saja. Tetapi, biasanya alasan orang memberi saran tujuannya sebenarnya baik, ingin memberi "tips" atau "cara" atas sesuatu.
Misal, tips atau cara dari saran yang diberikan tidak pas atau tidak membuat kita yang diberi saran itu punya hak penuh kok untuk tidak menjalankan.

Di bawah ini, adalah saran saya atas sebuah kondisi badan bagian lambung yang ternyata mempengaruhi juga di masa pandemi sekarang ini. Bagaimana bisa? Disimak terus ya...

Sakit Kepala Saya

Lebih dari 10 tahun lalu, saya sering sekali drop. Sakit kepala, meriang dan nggak enak badan lah. Kadang susah untuk dijelaskan.
Semua saran saya coba lakukan, dari yang tradisional sampai yang medis. Dari yang fisik sampai yang psikis.
Salah satu yang disarankan seorang teman adalah minum susu putih bergambar binatang besar putih itu, minimal sehari sekali.

Sebenarnya dari kecil, badan saya ini lebih banyak nolak minum susu putih gitu. Yang berwarna saja nggak bisa sering-sering. Nantinya kalau nggak mual-mual yang muntah.

Makanya dari kecil, ibu memang nggak membiasakan minum susu selain ASI.

Tapi, demi kesehatan, saya mau coba minum meski awal rajin minum, bau susunya itu menyiksa juga.
Lama-lama ternyata bisa. Aman.

Sampai sekitar sebulan saya jalani itu. Seminggu 3-4 kali lah. Rada berkurang sakit kepalanya.

Tapi, di bulan kedua, saya mulai mual dan muntah lagi. Hanya membaui saja, badan bereaksi. Apalagi kalau dipaksa minu, lambung seperti sakit dan menolak keras. Kalau sudah begini, bisa nyambung ke sakit kepala yang bisa sakit banget.

Sejak hari itu saya berhenti minum susu. Sesekali masih, tapi tidak serutin waktu itu.

Tentang Segelas Air Putih Hangat
Lalu, sekitar 5 tahun lalu seorang adik yang senang membaca banyak hal termasuk perpaduan antara pengetahuan modern dan tradisional menyarankan saya untuk mulai rutin minum air putih hangat. Setiap hari. Terutama saat bangun pagi dan sebelum tidur malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun