Mohon tunggu...
Beny Saeful
Beny Saeful Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Masalah Kerusakan Baterai CMOS Laptop dan Cara Mengatasinya

27 November 2017   22:45 Diperbarui: 27 November 2017   23:35 29343 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masalah Kerusakan Baterai CMOS Laptop dan Cara Mengatasinya
baterai-cmos

Baterai CMOS adalah baterai kecil yang terpasang pada motherboard komputer kamu. Setiap komputer maupun laptop pasti memiliki baterai kecil di motherboard yang digunakan untuk memberi pengaturan vital agar tidak terjadi perubahan pada komputer, seperti mengingat segala hal misalnya settingan waktu dan tanggal, dll. Baterai CMOS selalu memberikan kekuatan pada motherboard dan hardisk bahkan pada saat komputer kamu tidak menyala atau mati, untuk meghindari kegagalan batery CMOS laptop kesayangan kamu, yuk simak artikel dibawah ini!

Pada intinya setiap Baterai pasti memiliki umur pada jangka waktu tertentu, biasanya umur battery CMOS sekitar 5 tahun, dan akan terkuras jika sistem telah melebihi umur standart atau sudah tua. Namun kadang belum mencapai umur standart, masalah kerusakan ini pun bisa dikarenakan factor lain debu pada titik kontak atau baterai, dapat menyebabkan kegagalan. Atau dikarenakan terdapat guncangan yang menyebabkan battery CMOS jadi berubah posisi pada sirkuit yang seharusnya.

Nah kali ini akan share problem yang sering terjadi pada kerusakan battery CMOS dan cara menggantinya, yuk simak!

1. Masalah Setting Driver dan Waktu.

Masalah awal atau tanda yang paling jelas pada battery CMOS adalah perubahan settingan tanggal atau waktu terus-menerus biasanya ketika direstart laptop kamu akan terjadi perubahan waktu dan tanggal. Tanda lainnya terkait penyimpanan driver untuk komponen sistem tertentu dapat hilang, termasuk misalnya printer.

2. Masalah Turning On dan Off.

Kemudian selanjutnya tanda dari masalah Kerusakan Baterai CMOS adalah bahwa laptop tidak bisa boot atau, terus mematikan diri tanpa kamu melakukan apa-apa. Ini juga merupakan masalah yang sering dialami jika CMOS laptop kamu rusak, baterai CMOS yang gagal adalah bahwa Anda tidak dapat menjalankan program apapun. Jika kamu memiliki masalah kedua, coba mengubah keluarkan baterai dan ganti.

3. Terdapat Bunyi beep konstan.

Bunyi bip konstan adalah tanda lain bahwa baterai CMOS sedang sekarat. Tanda akhir bahwa baterai CMOS akan mati adalah bahwa kamu akan menerima pesan kesalahan. Tiga jenis utama dari pesan error: CMOS Checksum Error, CMOS Read Error and CMOS Battery Failure. Jika Anda menerima pesan kesalahan ini, kamu harus menjalankan laptop selama 24 jam untuk melihat apakah mengisi kembali baterai. Jika kamu masih mengalami masalah setelah jangka waktu ini, kamu harus mengganti baterai CMOS.

Diatas merupakan tanda-tanda kerusakan pada baterai CMOS. Selanjutnya bagaimana mengganti batterai CMOS lama ke yang Baru. Sebagai berikut :

Langkah untuk mendiagnosis dan mengganti baterai CMOS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN