Mohon tunggu...
ibnu atoillah
ibnu atoillah Mohon Tunggu... Penulis - SEO Writers

kalau gak jalan-jalan ya rebahan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Yang Harus Diperisiapkan Sebelum Mendaki Gunung

26 Juli 2022   16:11 Diperbarui: 26 Juli 2022   16:18 83 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh banyak gunung, entah itu gunung yang masih aktif ataupun gunung yang sudah tidak aktif, keseluruhan gunung yang ada di Indonesia memiliki potensi sebagai tempat wisata pendakian. Sejak beberapa tahun terakhir di Indonesia kegiatan mendaki gunung juga sudah menjadi kegiatan yang cukup masih dilakukan oleh semua kalangan. Akan tetapi mendaki merupakan kegiatan yang bisa dibilang cukup ekstrem, banyak resiko kurang baik yang bisa saja terjadi pagi para pendaki, bahkan hingga mengancam nyawa. Maka dari itu sebelum memutuskan menjelajahi gunung alangkah baiknya kalian mempersiapkan diri, agar dapat kembali dengan selamat. Karena puncak hanyalah bonus dan pulang kerumah adalah tujuan. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki gunung.

Cari Informasi Mengenai Gunung yang Akan Didaki

Sama halnya seperti berperang mendaki gunung juga perlu mengetahui medan. Faktor alam memang tidak dapat diprediksi akan tetapi dengan mengetahui medan yang akan kamu lalui sebelum mendaki akan membuat kamu dapat mempersiapkan apa-apa saja yang harus tersedia dan dapat menunjang kegiatan pendakian nantinya. Informasi mengenai gunung saat ini sudah sangat mudah didapatkan di internet.

Cari Teman yang Sudah Pernah Mendaki

Saat ini sudah cukup banyak komunitas formal dan informal yang bergelut dengan alam bebas, kalian bisa join bersama mereka atau setidaknya mengenal salah satu dari mereka, dengan begitu kalian dapat mendapat ilmu dari mereka-mereka yang sudah memiliki pengalaman mendaki gunung.

Latihan Fisik

Mendaki merupakan kegiatan yang cukup menguras fisik, terlebih medan geografis di gunung akan sangat berbeda apabila dibandingakan dengan daratan di kota tempatmu tinggal. Oksigen di ketinggian sangatlah tipis, untuk kamu yang tidak terbiasa dapat merasakan pusing dan mual-mual. Maka dari itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan sebaiknya kamu mempersiapkan fisikmu, latihan fisik terbaik sebelum naik gunug yaitu jogging, bersepeda dan masih banyak lagi. Terpenting adalah latihan cardio agar jantungmu kuat dan juga melatih ketahanan fisikmu.

Persiapkan Anggaran dan Perbekalan

Meski saat ini sudah cukup banyak gunung di Indonesia yang dilengkapi oleh warung-warung yang dikelola oleh orang-orang sekitar, akan tetapi pastikan kalian mempersiapkan perbekalan. Untuk perbekalan pastikan membawa barang pangan yang cepat saji dan memiliki nutrisi yang baik. Hal tersebut pastinya untuk menggantikan energi yang telah habis selama kegiatan mendaki. Dengan mendaki gunung kalian akan dapat merasakan nikmatnya makanan sekalipun itu hanya air putih. Sementara mengenai anggaran tiap orang pasti akan berbeda-beda mengenai standar anggaran yang harus disisihkan untuk sekali jalan, terpenting adalah anggaran transportasi untuk berangkat dan pulan, anggaran terpenting kedua adalah anggaran untuk konsumsi dan perbekalan.

Persiapkan Alat Mendaki

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan