Mohon tunggu...
Benny DwiPrasetyo
Benny DwiPrasetyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - halo saya benny

hai semuanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Menerapkan Ideologi Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

28 Oktober 2021   20:12 Diperbarui: 28 Oktober 2021   20:21 86 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi sebuah negara merupakan sebuah ide-ide dasar atau sebuah keyakinan negara yang ingin di wujudkan dalam sebuah negara. Ideologi dalam negara tentu saja mempunyai sebuah manfaat dan fungsi manfaat dari sebuah ideologi dari suatu negara antara lain :

  • Menjadi pedoman sebuah negara untuk membuat negaranya menjadi lebih maju
  • Memberi arah dan cita-cita dari bangsanya sendiri
  • Memiliki sebuah pegangan dan acuan untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi di negara tersebut

Nah karena itulah setiap negara harus mempunyai sebuah ideologi negara yang akan membuat negara tersebut lebih terarah tujuan dan cita-citanya. Selain itu ideologi negara juga harus di tanamkan dan di terapkan sedari kecil seperti contoh kita harus berteman sama siapa saja tanpa memandang ras dan agama, nah itu merupakan salah satu contoh penerapan ideologi pancasila sila ke 3.

Pancasila yang sering kita sebut sebagai ideologi negara atau dasar negara yang dipergunakan untuk menata pemerintah dan menata sebuah penyelenggaraan negara. Ketetapan pancasila sebagai ideologi negara bersifar tetap, kuat, dan tidak dapat diubah oleh siapapun, termasuk presiden, MPR, DPR bahkan melalui hasil pemilihan umum. 

Karena itulah pancasila di jadikan sebuah acuan atau dasar negara untuk pemerintah bertindak dalam menjalani sebuah pemerintahan, yang menjadi dasar atau landasan entah itu hukum, ketuhanan, persatuan dll.

Terus bagaimana cara kita mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari? Untuk itu saya akan membahas cara megamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari dari sila ke 1 sampai sila ke 5 berikut cara mengamalkan pancasila :

  • Ketuhanan yang maha esa

Sebagai manusia tentu kita harus mempercayai tuhan di Indonesia kita bebas untuk memilih 6  agama sebagai pedoman hidup untuk mengatur manusia menjauhkan hal yang tidak baik dan mendekatkan ke hal yang baik. 

Contohnya kita harus menjauhi minuman keras karena kita takut akan dosa dan menjauhi larangan dari agama-agama tersebut. Karena semua agama pasti ingin hamba nya menjadi orang baik tidak ada agama yang ingin menjerumuskan hamba nya ke dalam neraka.

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Sebagai manusia kita harus bersikap adil entah itu untuk rakyat, pejabat, presiden semua harus adil dalam apapun. Dan memiliki sebuah adab, adab kepada orang yang lebih tua misal kita harus berbicara dengan  nada rendah kepada orang yang lebih tua dari kita menghormatinya. 

Karena adab sangat penting di kehidupan kita namun masih banyak anak zaman sekarang yang tidak memiliki adab. Bagaimana jika ia kelak juga di lakukan seperti itu?. 

Selain itu adab juga memiliki peran mengatur manusia agar tidak melakukan perbuatan yang keji adab mengatur agar kita menjadi manusia yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan