Mohon tunggu...
Benny DwiPrasetyo
Benny DwiPrasetyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - halo saya benny

hai semuanya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perananan dan Tantangan Santri di Masa Depan

21 Oktober 2021   06:42 Diperbarui: 21 Oktober 2021   06:45 109 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

santri merupakan siswa yang menuntut ilmu agama islam di sebuah pondok pesantren yang di ajari oleh seorang bapak kyiai. Seorang santri dituntut untuk menumbuhkan sikap tasamuh, tawazun, ta'adul, dan tawashut.

Seorang santri yang biasa dianggap hanya seorang lulusan pesantren malah memiliki sebuah rasa nasionalitas yang tinggi bahkan rasa nasionalitas yang tinggi tersebut dapat di buktikan sebelum indonesia merdeka. 

Para santri telah lebih dulu mengangkat sebuah bambu runcing mengundi nasib antara hidup atau mati demi mengusir penjajah dan membuat indonesia merdeka. banyak banget santri yang di anggap remeh dan di anggap ketinggalan zaman oleh anak zaman sekarang karena mereka dianggap tidak mengenal dunia luar, tidak bermain sebuah hp di dalam pondok pesantren bukan berarti mereka tidak bisa bersaing dengan kalangan milenial lainnya. 

Padahal seorang santri memiliki ilmu agama yang mungkin lebih dari kita. Nah kebetulan hari santri yang jatuh pada tanggal 22 oktober atau besok dalam peringatan hari santri ini saya akan menulis sebuah artikel yang akan membahas tentang seorang santri tentu saja santri memiliki peran penting selain dalam bidang ke agamaan

berikut ini adalah peran-peran santri dalam memajukan negara indonesia :

1. santri memiliki ilmu dan bekal alquran yang tak dapat di ragukan lagi. Apakah kalian tahu tentang seorang santri yang tidak mau mendengarkan sebuah lagu karena ingin menjaga hafalan alquran mereka?, nah para santri tersebut menutup telinga mereka saat mengantri vaksin karena pihak panitia menyetel sebuah musik yang kencang yang di mana itu dapat mengganggu hafalan dari para santriwan tersebut. 

banyak yang mengira kalau mereka tidak mau mendengarkan musik karena musik haram sedangkan ustadz yang merekam tidak mau tutup kuping, ternyata banyak yang salah sangka. Hafalan al-quran itu sangat penting lho.. karena, jika al-quran sudah tidak ada yang membaca atau menghafal maka dunia ini akan kiamat.

2. menjadi contoh tauladan yang baik bagi generasi muda zaman sekarang. santri yang baik tentu saja dapat memberikan contoh yang baik untuk memberikan sedikit ilmunya bagi anak muda zaman sekarang karena banyak lulusan pondok pesantren yang telah terjun ke dunia sosial media untuk memberikan ilmu yang baik, yang mungkin tidak pernah di ajarkan di sebuah sekolah dan hanya di ajarkan di sebuah pondok pesantren. 

ilmu tersebut justru sangat bermanfaat seperti perbaikan akhlak karena yang saya lihat anak zaman sekarang memiliki akhlak yang tidak baik contohnya banyak yang balap liar pada saat ingin di bubarkan oleh polisi mereka malah mengeroyok polisi tersebut karena mereka mengganggap polisi tersebut sudah tua dan lemah. bahkan salah satu dari mereka ada yang bilang untuk di habiskan saja. nah kalau sudah seperti itu akhlak nya sudah tidak ada bukan?. 

tapi banyak santri yang masih belum bijak dalam bersosial media banyak dari mereka yang baru keluar dari sebuah pesantren justru ingin balas dendam karena di dalam pondok mereka tidak bisa bermain HP lalu mereka menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan sosial media dengan berjam-jam sampai lupa waktu.

3. memiliki rasa nasionalisme yang tinggi nah tentu kalian sering mendengar #savepalestine kan nah itu merupakan bentuk simpati dari para kalangan santri terhadap sebuah negara palestina yang di jajah bangsa israel. nah untuk bangsa orang lain mereka saja sudah menggebu-gebu untuk melawan para penjajah apalagi utuk bangsa sendiri mereka pasti sudah memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan