Mohon tunggu...
Benny Brilianto
Benny Brilianto Mohon Tunggu... Benny

Benny Brilianto

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

E-sport di Indonesia

21 Mei 2019   08:41 Diperbarui: 21 Mei 2019   09:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

Di era globalisasi saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa game sudah banyak dinikmati.Pada awalnya game hanya sebagai hiburan atau pengisi waktu luang.Namun sekarang ini sudah menjadi sebuah profesi.

 Di Indonesia sendiri perkembangan E-sport sangatlah pesat karena anak-anak bangsa yang kreatif dan inovatif. E-Sport sendiri merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSport Association) Struktur dan tingkatan pertandingannya sama seperti pada cabang olahraga biasanya, bedannya para atlet eSport tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan Strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing tim dapat bertanding tanpa bertatap muka.

Pertama kali budaya E-sport berkembang dari kompertisi game. Kemudian berkembang menjadi kompetisi-kompetisi online. Saat itu kompetisi-kompetisi online sangat sulit diadakan karena game online pada saat itu hanya nisa dimainkan di PC. 

Namun sekarang ini game-game online sudah bisa dimainkan melalui gadget. Hal lain yang mendukung perkembangan E-sport adalah akses teknologi yang mudah, seperti ketersedian internet yang semakin cepat hingga meningkatnya perkembangan game dan gadget di Indonesia. 

Perkembangan E-sport  juga didukung dengan banyaknya para gamers (sebutan pecinta games), yang membentuk suatu komunitas dalam hal mendukung game yang dia mainkan. Dan hal yang mendukung lainnya adalah warnet (Warung Internet) yang diamana para gamers bisa saling bertemu dan juga bersosialisasi hingga membentuk tim dari game mereka.