Mohon tunggu...
Benny Rhamdani
Benny Rhamdani Mohon Tunggu... Novelis - Kreator Konten

Menulislah hal yang bermanfaat sebanyak mungkin, sebelum seseorang menuliskan namamu di nisan kuburmu. | Subscribe YouTube @bennyinfo

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Kena Sindrom Ramsay Hunt, Apa Kabar Konser Justin Bieber di Jakarta?

11 Juni 2022   09:31 Diperbarui: 11 Juni 2022   09:39 624 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kondisi Justin Bieber Terkini setelah dinyatakan kena Sindrom Ramsay Hunt. (Foto: Tangkap layar IG Justin Bieber)

Penyanyi pop Justin Bieber  bakal menggelar konser "Justice World Tour" pada 2 dan 3 November 2022 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun secara mengejutkan,  Jumat (10/6/022) waktu Amerika Serikat, Justin Bieber mengumumkan bahwa ia menderita sindrom Ramsay Hunt.

                                                                                                                                                                     

Apakah ini akan mengganggu jadwal konsernya di Jakarta? Semoga tidak. Tapi ada baiknya kita kenalan dulu dengan sindrom Ramsay Hunt yang ternyata disebabkan oleh virus  penyebab cacar air dan herpes zoster.

 Sindrom Ramsay Hunt terjadi  ketika herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Sindrom ini tidak hanya dapat menyebabkan ruam herpes zoster tetapi juga kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran.

Justin Bieber sendiri   mengabarkan dirinya langsung membatalkan pertunjukan terdekat lantaran saat ini tidak dapat menggerakkan setengah dari wajahnya.

"Virus ini menyerang saraf di telinga dan saraf wajah saya hingga menyebabkan wajah saya lumpuh," kata Justin Bieber di akun Instagram pribadinya, Sabtu (11/Juni/2022) waktu Indonesia. "Seperti yang kalian lihat, mata ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya ini; lubang hidung ini tidak akan bergerak. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya ini."

Kondisinya agak mirip dengan Bell's palsy yang lebih dikenal masyarakat, meskipun efek Ramsay Hunt lebih parah.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry , pemulihan Ramsay Hunt jauh lebih sulit daripada pemulihan dari Bell's palsy (kelumpuhan wajah tanpa ruam). Pasien mungkin juga tidak pulih sepenuhnya, tulis para peneliti.

Gejala Ramsay Hunt lainnya lainnya termasuk tinnitus, mual, vertigo, dan gerakan mata yang tidak disengaja.

"Ini cukup serius, seperti yang kalian lihat. Saya berharap ini tidak terjadi, tetapi, jelas, tubuh saya memberi tahu saya bahwa saya harus melambat, "jelas Bieber. "Saya harap kalian mengerti. Saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai dan pulih seratus persen sehingga saya dapat melakukan apa yang harus saya lakukan sejak lahir."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan