Mohon tunggu...
Swarna
Swarna Mohon Tunggu... orang biasa

Setelah 2 tahun lebih ūüėā

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sudah Coba Memasak Binthe Biluhuta yang Lezat dan Sehat dari Serambi Madinah?

23 Juni 2021   00:13 Diperbarui: 23 Juni 2021   09:08 108 22 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Coba Memasak Binthe Biluhuta yang Lezat dan Sehat dari Serambi Madinah?
Dokumen Swarna/AZ

Binthe Biluhuta yang sering saya dengar  saat kecil dan ada lagunya yang dinyanyikan oleh Edy Silitonga,  ternyata menceritakan makanan lezat khas daerah Gorontalo. Selama ini saya tidak tahu, mengira lagu itu tentang kisah remaja yang jauh dari kampung halaman atau keluarga. Beberapa bulan lalu baru saya tahu, ternyata mengisahkan makanan asli daerah Gorontalo yang bahan dasarnya adalah jagung.

Awalnya dari sebuah sinetron yang tayang di bulan Ramadhan kemarin, yaitu Para Pencari Tuhan. Ketika Bang Jack yang diperankan Dedy Mizwar disuguhi Burger oleh Bu Produser, dia menolak dan mengatakan hanya menyukai makanan khas Nusantara yaitu Binthe Biluhuta. Nah saya yang menonton eposode itu sebenarnya kaget dan bertanya sendiri, eh itu makanan to?  seperti apa? Setelah berselancar dan ketemu di mesin pencarian, lalu saya mencoba untuk membuat.

Ternyata binthe atau binde artinya jagung,  biluhuta artinya disiram,  sering disebut juga milu (jagung) siram.
Saya pikir pasti nanti rasanya seperti sup jagung pada umumnya, ternyata tidak,  Binthe Biluhuta atau Milu Siram ini mempunyai rasa gurih,  manis dan pedas,  aslinya begitu bila sesuai dengan resep. Jagung,  ikan tongkol dan kelapa parut, bumbu harus diuleg lebih enak daripada di blender,  katanya begitu.

Binthe Biluhuta ini bagus loh bila kita konsumsi, dari jagungnya saja ada beberapa manfaat yaitu:

1. Mengandung karbohidrat komplek, sangat baik untuk sumber energi
2. Serat yang tinggi begitu baik untuk pencernaan
3. Vitamin pada jagung bisa menurunkan kolesterol LDL
4. Antioksidan yang dikandung dalam jagung bisa menjadi antikanker. Dibanding biji-bijian lainnya jagung mengandung lebih banyak antioksidan.
5. Bagus untuk pembentukan tulang dan otot karena mengandung protein yang tinggi.
6. Dengan vit C yang ada di dalam jagung manis untuk kesehatan kulit,  juga bisa menghindari alzheimer karena mengandung folat serta zat karotenoid untuk kesehatan mata

Itu masih dari jagungnya,  belum dari bahan lainnya seperti tomat yang mengandung vit C dan antioksidan demikian juga daun kemangi, ikan atau udang yang ditambahkan kandungan proteinnya cukup  tinggi, dari bumbu bawang putih dan bawang merah juga terdapat antioksidan di dalamnya. Sungguh tidak diragukan lagi Binthe Biluhuta adalah makanan sehat bukan? Anda harus mencobanya. Apalagi penyuka pedas, bisa dicoba level-level gitu.

Saya yang selalu iseng tidak hanya membuat Binthe Biluhuta, saya lengkapi dengan bubur nasi,  anak-anak suka dan lahap makannya tapi tidak saya buat pedas, nanti tidak laku, rasa pedas saya tambahkan dari merica saja.  Karena tidak tersedia ikan tongkol, maka saya ganti dengan sosis rasa ikan. Memang enak,  tidak pakai awet deh,  langsung habis.

Esoknya iseng saya buat lagi, lalu saya coba untuk isian Zuppa Soup,  wah nendang loh, oriental dipadukan dengan kontinental, begitu mungkin kata para ahli kuliner.

Dokumen Swarna/AZ
Dokumen Swarna/AZ

Binthe Biluhuta mau dimakan langsung, ditambah nasi,  ditambah bubur nasi atau disantap dengan lontong sama-sama terasa lezat. Ingat, untuk menambahkan ke daftar menu harian anda ya.

Ini saya bagikan resep Binthe Biluhuta buat teman-teman, hasil pencarian saya di berbagai media sosial.

Binthe Bilihuta atau Milu Siram

Bahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN