Mohon tunggu...
Benediktus Jonas
Benediktus Jonas Mohon Tunggu... Petani - mahasiswa

Writing is a call to serve others and love God. Because everything I have comes from God

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mengapa Kita harus Memiliki Prinsip Hidup?

1 September 2021   09:04 Diperbarui: 1 September 2021   09:13 4387 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebuah buku yang berjudul Love, karya penulis Kenamaan Antony De Mello, dalam salah satu bagiannya menekankan betapa pentingnya memiliki prinsip hidup. "Anda harus memiliki apa yang anda pegang teguh yaitu prinsip hidup atau Life Principle."

Dalam buku itu, Antony lebih lanjut mengatakan memiliki prinsip hidup membuat kita teguh menghadapi ketidakpastian, tetap setia dalam penderitaan dan kesulitan dan tidak mudah terbawa arus. 

Dengan lain perkataan, prinsip hidup menjadikan seseorang berkepribadian utuh karena memiliki pegangan hidup.

Apa Prinsip Hidupku?

Setiap orang pasti memiliki prinsip hidupnya sendiri. Misalnya, semangat pantang menyerah, setia dan bertanggungjawab pada tugas yang dikerjakan, dan yang lainnya. Pada dasarnya, memiliki prinsip hidup membuat orang berjuang melakukan atau mempertahankannya apa yang baginya penting dan bernilai.

Tujuan utama memiliki prinsip hidup ialah agar kita tidak hidup menurut apa kata orang, tidak tergantung pada penilain dan cara pandang orang terhadap kita, tetapi hidup menurut kebenaran yang kita yakini dan pegang teguh.

Obrolan Meja Makan

Dalam obrolan di meja makan siang tadi, saya mendengar sebuah pernyataan yang membuatku kaget. Demikian pernyataannya, "lebih baik tidur saat badan capek,jenuh dan bosan dari pada melakukan rutinitas harian dengan terpaksa. 

Sebab hasilnya pasti kurang maksimal, misalnya kurangnya konsentrasi, ngantuk dan pikiran melayang."

Kalau mencermati prinsip di atas, tampaknya tidak ada yang salah. Rasa capek, jenuh, bosan bisa menjadi alasan kita tidak melakukan rutinitas harian. Misalnya, kerja, doa, dan rutinitas lain yang penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan