Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... Lainnya - RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengedukasi dan Berwirausaha melalui Edustore

18 Desember 2020   15:32 Diperbarui: 18 Desember 2020   15:39 47 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengedukasi dan Berwirausaha melalui Edustore
Pembagian informasi mengenai kewirausahaan (bemfmipa_um)

Di era sekarang ini, seorang mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menjadi akademisi saja melainkan juga menjadi inovator dalam dunia usaha. Dilatar belakangi dari hal itu, salah satu kementerian di BEM FMIPA UM 2020 bermaksud ingin menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan memacu minat kewirausahaan mahasiswa dan umum. Melalui diadakannya kegiatan yang identik dengan minat dalam berwirausaha ialah Edustore. Tema dari kegiatan Edustore adalah "We Make, We Share". Diberikannya tema tersebut bermaksud agar dari kegiatan ini bisa memberikan suatu pembelajaran, informasi dan inspirasi serta dapat mengimplementasikan pengetahuan mengenai kewirausahaan.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Edustore adalah untuk memberi informasi dan pengetahuan mengenai kewirausahaan. Selain itu juga sebagai wadah peningkatan minat kewirausahaan untuk internal BEM FMIPA UM. Pengimplementasian dari tujuan tersebut ialah dengan cara membagikan informasi mengenai kewirausahaan melalui platform instagram dan pengadaan merchandise.

Dalam pelaksanaanya, untuk pembagian informasi telah dilaksanakan selama 5 hari, dengan setiap harinya akan diunggah informasi yang  berkaitan dengan kewirausahaan melalui platform instagram. Informasi yang diberikan antara lain mengenai perilaku konsumen saat pandemi, cara membangun brand bisnis, modal bisnis untuk memulai usaha, strategi pemasaran melalui instagram dan cara menganalisis persaingan bisnis. Untuk pengadaan merchandise, dilaksanakan dengan sistem open preorder. Dan untuk pembayarannya dapat dilakukan secara offline maupun online. Setelah proses produksi mechandise selesai, pendistribusian merchandise bisa melalui jasa pengiriman maupun langsung mengambil barang.

Dari pembagian informasi mengenai kewirausahaan ini, mendapat tanggapan yang baik oleh pembaca. Seorang pembaca memberi tanggapan "Informasi yang dibagikan bermanfaatan kak, jelas menambah wawasan, cocok buat yang ingin punya usaha atau yang lagi punya usaha" taggapan positif lain mengenai merchandise "Sesuai dan bangus kak hoodienya"

Harapannya dari diadakannya kegiatan ini, semoga informasi kewirausahaan yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu dalam menjalankan bisnis. Selain itu, kegiatan berwirausaha dalam edustore yaitu pengadaan merchandise dapat menjadi pembelajaran untuk BEM FMIPA UM  dan juga menjadi inspirasi untuk memulai usaha.

Penulis : Esti Suryaningtyas

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x