Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tingkatkan Kreativitas dan Imajinasi di Masa Pandemi, BEM FMIPA UM Adakan Kelas Seni

26 November 2020   15:34 Diperbarui: 26 November 2020   16:27 26 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkatkan Kreativitas dan Imajinasi di Masa Pandemi, BEM FMIPA UM Adakan Kelas Seni
Pembuatan poster yang dipraktekkan oleh pemateri (dok. pribadi)

Seni adalah suatu keahlian pembuatan karya dalam bentuk visual, audio dan sebagainya. Salah satu seni yang sangat menarik perhatian akhir-akhir ini adalah seni desain. Seni desain menjadi salah satu tempat untuk mengungkapkan apa yang dirasakan atau dipikirkan seseorang melalui pembuatan poster, komik, pamflet, dan lain-lain. Salah satu cara agar mengurangi rasa bosan dan lebih produktif di masa pandemi adalah dengan menuangkan ide-ide atau gagasan dengan membuat karya tulis atau desain grafis. Untuk itu BEM FMIPA UM 2020 mengadakan Kelas Desain bertemakan "How To Be Aesthetically Impactfull" yang diadakan pada 21 November 2020 di platform Zoom. Kelas Desain bertujuan untuk mengenalkan dan memberi penguatan kepada mahasiswa dan umum mengenai poster serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi dalam membuat suatu desain.

Kelas Desain merupakan program kerja BEM FMIPA UM Kementerian Riset dan Teknologi yang berkolaborasi dengan Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa. Kelas Desain ini diikuti oleh 168 peserta dari seluruh daerah di Indonesia. Acara diawali dengan sambutan oleh Wakil Presiden Mahasiswa BEM FMIPA UM 2020 yaitu Natasia Paramita.

Setelah itu moderator membacakan tata tertib dan CV pemateri, barulah penyampaian materi berlangsung. Materi pada Kelas Desain kali ini disampaikan oleh Bapak Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn., A.C.A., pertama-tama pemateri menjelaskan terlebih dahulu mengenai tools yang ada pada Corel Draw sebelum menggunakanya. Selanjutnya pemateri meperagakan beberapa teknik dalam membuat poster menggunakan Corel Draw. Selain itu pemateri juga memberikan tips dalam menentukan paduan warna dan font yang sesuai.

Dalam acara ini tentunya masih ada beberapa kekurangan. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat dan tekad panitia untuk selalu memperbaiki kekurangan yang ada. Selain itu, peserta mengaku senang dan sangat terbantu, dengan adanya Kelas Desain ini mereka menjadi lebih mudah dalam belajar desain, seperti yang diungkapkan oleh Alfitra Arifiana, "Asik banget bisa mengikuti kelas ini, bisa menambah skill tentang desain". Mereka berharap akan hadir Kelas Desain selanjutnya sebagai kelajutan dari Kelas Desain yang telah dilaksanakan.

Penulis : M. Rafi Pratama

VIDEO PILIHAN