Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

SE in Action sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Anak Disabilitas

23 November 2020   00:28 Diperbarui: 23 November 2020   01:02 4 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SE in Action sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Anak Disabilitas
Foto Bersama Pihak Paguyuban, Orang tua dan Anak Penyandang Disabilitas

Science Entrepreneurship (SE) adakan kegiatan Science Entrepreneurship in Action 2020 dengan tema "Sharing Kindness Anytime and Anywhere". Kegiatan Science Entrepreneurship in Action (SE in Action) ini merupakan salah satu program kerja yang diikuti oleh seluruh anggota Science Entrepreneurship (SE) setiap tahunnya dengan melakukan bakti sosial kepada masyarakat sekitar yang diwakili dengan penghuni panti asuhan. Pada kesempatan kali ini Science Entrepreneurship in Action mengadakan kegiatan bakti sosial di Paguyuban Orang Tua Penyandang Disabilitas Mutiara Kasih pada Minggu, 8 November 2020. Paguyuban ini berada di kecamatan Kedungkandang, Malang.

Science Entrepreneurship in Action bertujuan untuk meningkatkan rasa empati dan simpati sebagai bekal untuk menjadi wirausahawan yang sukses dan rendah hati. Dalam serangkaian acara Science Entrepreneurship in Action tersebut seluruh anggota Science Entrepreneurship juga belajar mengenai penyembuhan atau menuntun anak -- anak disabilitas untuk melakukan terapi sesuai dengan keterbatasan mereka masing -- masing. Dan tentunya kegiatan ini dilakukan oleh orang -- orang yang ahli dalam bidangnya, namun disini Science Entrepreneurship berusaha untuk membantu kegiatan rutin di paguyuban tersebut dengan sedikit berbagi mengenai apa yang kita miliki dari organisasi ini.

Kegiatan ini dilakukan secara offline dan online, untuk kegiatan secara offline diikuti oleh 8 orang panitia yang hadir di tempat paguyuban tersebut. Sedangkan untuk panitia lainnya mengikuti secara online melalui Google meet. Kegiatan berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan untuk peserta anak -- anak penyandang disabilitasnya hanya dibatasi sejumlah 5 orang. Sedangkan untuk panitia yang mengikuti secara online mereka berpartisipasi dengan ikut berinteraksi dengan mereka dan mereka sangat antusias sekali ketika melakukan interaksi tersebut dengan melambaikan tangan untuk menyapa panitia serta menunjukkan hasil karya mewarnainya. Hal ini kami lakukan untuk membangkitkan semangat mereka dalam menghadapi kekurangan yang dimilikinya. Pada akhir kegiatan mereka mendapatkan bingkisan hadiah sehingga semangat untuk belajar dan melakukan terapi tiap minggunya semakin meningkat.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam dengan beberapa metode terapi yang dilakukan seperti halnya mewarnai suatu objek dikertas HVS yang bertujuan untuk melatih kemampuan otaknya untuk membedakan warna dan memusatkan perhatiannya di satu bagian objek yang diwarnai. Kemudian terdapat kegiatan menepuk -- nepukkan tangan dengan tujuan agar gerak motoriknya dapat lebih aktif dan terarah sesuai dengan arahan yang diberikan. Selain itu pada akhir kegiatan dilakukan dengan senam dan menari sehingga mereka akan lebih rileks setelah melakukan serangkaian terapi sebelumnya.

Kegiatan Science Entrepreneurship in Action 2020 ini berjalan dengan lancar dan bahagia. Hal ini dapat dilihat dari ekspresi anak -- anak penyandang disabilitas tersebut yang sangat menikmati rangkain acaranya serta sambutan hangat dari pihak paguyuban kepada kami panitia Science Entrepreneurship in Action dengan mereka mengajari kami cara untuk melakukan terapi kepada anak -- anak sesuai dengan batasan kemampuan yang dimiliki. Dan di penghujung acara kami melakukan dokumentasi sebagai kenang -- kenangan bahwa Science Entrepreneurship (SE) khusunya acara Science Entrepreneurship in Action pernah ikut berpartisipasi dalam kegiatan di paguyuban tersebut.

Penulis : Nur Layli Alfina

VIDEO PILIHAN