Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... Lainnya - RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Character Building Menanamkan Jiwa Mahasiswa Baru yang Kreatif, Inovatif, dan Progresif

5 November 2020   12:28 Diperbarui: 5 November 2020   12:39 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Character Building Menanamkan Jiwa Mahasiswa Baru yang Kreatif, Inovatif, dan Progresif
Penyampaian materi oleh Dhede dengan materi yang bertemakan Anak Muda Cinta Ngalam

Character Building merupakan salah satu program kerja Kementerian PSDM Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Universitas Negeri Malang. Character Building merupakan program pembentukan karakter Mahasiswa Baru tahun 2020 melalui pemaparan materi  kepemimpinan, kebangsaan, kewirausahaan, dan karakter saintis. Pada Character Building tahun ini BEM FMIPA UM mengundang pemateri - pemateri yang sudah berkompeten dalam bidangnya untuk menyampaikan materi. Namun dikarenakan pandemi covid-19, kegiatan Character Building tahun ini dilakukan secara daring via zoom dan diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Fakultas MIPA UM 2020. 

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menanamkan jiwa kepemimpinan kepada mahasiswa baru FMIPA UM 2020, menumbuhkan semangat berwirausaha kepada mahasiswa baru FMIPA UM 2020, menumbuhkan karakter saintis muda yang kreatif, inovatif dan progresif, serta memotivasi mahasiswa baru FMIPA UM 2020 untuk menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi. 

Character Building dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 31 Oktober 2020 dan 1 November 2020, dengan mengusung tema "Create Your Best Version for Better Future". Pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020, penyampaian materi pertama dengan tema penguatan konsep ideologi kepancasilaan disampaikan oleh Bapak Meidi Saputra S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, dilanjutkan dengan penyampaian materi bertemakan "Deep Learning for MIPA UM" yang disampaikan oleh Bapak Iqrok Wahyu Perdana sebagai Tim aksi cepat tanggap malang. Penyampaian materi terakhir yang bertemakan " Scientist On Action for Humanity" disamlaikan oleh Bapak Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. selaku Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang. 

Untuk pelaksanaan hari kedua yaitu pada hari Minggu tanngal 1 November 2020 yang merupakan hari terakhir dari pelaksanaan kegiatan Character Building, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Universitas Negeri Malang mendatangkan special guest star, yaitu seorang pengusaha muda dan juga public figure Indonesia yaitu Wirda Mansur. Wirda Mansur merupakan putri pendakwah Indonesia yaitu Ustadz Yusuf Mansur, Wirda Mansur hadir sebagai pemateri dalam kegiatan Character Building ini dengan membawakan tema "Set Up Your Creativity Be a Great Millenial". Sebelum penyampaian materi dari Wirda Mansur, penyampaian materi pertama diisi oleh Dhede Ilham Saputra sebagai Duta Budaya dan museum Malang dengan penyampaian materi bertemakan "Anak Muda Cinta Ngalam". Selanjutnya penyampaian materi kedua disampaikan oleh  Diani Feralia Rahmadani sebagai Mahasiswa berprestasi FMIPA 2020 dan Fadhil Fathurohman sebagai Presiden Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang dengan tema "How to be a Good Organizer and Achiever".

Pemateri-pemateri yang dihadirkan dalam acara ini banyak memberikan inspirasi dan motivasi khususnya untuk mahasiswa baru Fakultas MIPA UM 2020 sehingga memiliki kesan tersendiri bagi para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini semua peserta khususnya mahasiswa baru Fakultas MIPA UM dapat termotivasi menjadi karakter yang lebih baik. Dibalik kemeriahan dan keseruan acara ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan. Maka dari itu dibutuhkan berbagai saran, kritik, tanggapan, dan usulan untuk kegiatan selanjutnya supaya bisa lebih baik kedepannya.

Penulis: Dwi Wulandari dan Alfiani Septi

Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan