Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Adakan NPC Untuk Kembangkan Kreatifitas dalam Desain Grafis

26 Oktober 2020   09:13 Diperbarui: 26 Oktober 2020   09:48 13 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adakan NPC Untuk Kembangkan Kreatifitas dalam Desain Grafis
Poster dari Juara 1 Kategori SMA

Di zaman sekarang, informasi bisa diakses kapanpun, di manapun, dan lewat media apapun. Media yang kerap kali digunakan untuk menyampaikan suatu informasi yang berkaitan dengan acara-acara tertentu salah satunya adalah poster. Poster merupakan media penyampaian informasi yang menggunakan gambar-gambar tertentu beserta kata-kata untuk mempublikasikan kegiatan, acara ataupun himbauan tertentu. Orang-orang tentunya tahu, poster adalah sebuah permulaan untuk menarik minat calon peserta agar mau mengikuti apa yang ada di dalam poster tersebut. Sehubungan dengan demikian, poster-poster yang unik tentunya menjadi awalan yang baik, sehingga keunikan dari setiap poster menjadi esensi tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

Ikut memeriahkan dan mendukung karya anak bangsa di bidang desain poster, Kementerian Riset dan Teknologi BEM FMIPA Universitas Negeri Malang mengadakan perlombaan poster National Poster Competition dengan tema “Kesehatan dan Teknologi di Era Pandemi COVID-19”. Lomba ini berupa desain poster yang berlangsung secara online selama 14 hari, mulai dari tanggal 1-14 Oktober 2020. Lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori mahasiswa dan kategori SMA atau sederajat. Poster yang sudah didesain oleh para peserta dikumpulkan pada 1-7 Oktober (untuk gelombang pertama), dan 8-14 Oktober (gelombang kedua).

National Poster Competition bertujuan untuk mengembangkan ide ide kreatif dan inovatif, serta sifat kompetitif dalam bidang desain grafis. Tujuan ini tentunya menjadi yang terutama dalam lingkup mahasiswa dan siswa SMA sederajat untuk terus berkompetisi sebagai ajang untuk mengasah diri dalam bidang desain grafik agar dapat menjadi lebih baik lagi.

Teknis dari acara ini, peserta mendesain poster yang mencakup bidang kesehatan dan bidang teknologi yang berkaitan dengan upaya penanganan pandemi COVID-19. Jumlah peserta dari kategori mahasiswa dan kategori SMA/sederajat yang dihadirkan dalam perlombaan ini sebanyak 29 peserta dari berbagai macam daerah di Indonesia.

Poster yang telah dikirimkan akan diseleksi dan dinilai oleh para juri pada tanggal 8-16 Oktober 2020. Penilaian poster dilakukan oleh 2 juri yaitu Bapak Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn, A.C.A dan Bapak Yon Ade Lose Hernanto, S.Sn, M.Sn, A.C.A dimana kedua juri ini merupakan dosen jurusan DKV Universitas Negeri Malang. Setelah melewati tahap penilaian, para pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober 2020. Adapun pemenang-pemenang dari kategori Mahasiswa yaitu Farhia Wanda Shafira dari Universitas Airlangga sebagai peraih juara pertama, dan Muh. Makarimal Akhlak dari Universitas Negeri Malang sebagai peraih juara kedua, serta Irfan Msyaffa dari Universitas Negeri Lampung sebagai peraih juara terfavorit. Untuk kategori Pelajar, juara pertama diraih oleh Abinaya Octora Sitorus dari SMAN 1 Medan, dan juara kedua diraih oleh firdaus Dewantara Putra dari MA Darussalam.

Dalam pelaksanaannya, terdapat banyak sekali kendala, salah satunya terkait publikasi. Oleh karena itu, harapan untuk kegiatan NPC berikutnya agar mampu merekrut lebih banyak peserta untuk terus berkompetisi demi meningkatkan kemampuan diri.

Penulis : Sie Humas NPC

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x