Mohon tunggu...
BEMFA MIPA UM
BEMFA MIPA UM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Official akun kompasiana BEMFA MIPA UM 2022

Salam hangat dari kami! Selamat datang di akun website resmi BEM FMIPA UM 2022, dengan adanya akun ini kami berharap dapat membantu memberikan segala informasi yang berkaitan dengan segala aktivitas akademik dan non akademik. Keep spirit, stay safe, and stay healthy! BEM FMIPA UM 2021 Ikuti akun official BEM FMIPA UM yang lain : Instagram : bemfmipa_um Twitter : bemfamipa_um Facebook : BEMFA MIPA UM Web : bem.fmipa.um.ac.id Youtube : BEM FMIPA UM 2021 Tiktok : bemfmipaum Spotify : BEMFA MIPA UM 2021 email : bemfmipa2019.um@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Upaya Pelestarian Mangrove melalui Kegiatan Greenaction

28 November 2022   16:40 Diperbarui: 28 November 2022   16:39 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Registrasi kehadiran, dokpri 

GREENACTION merupakan program kegiatan Departemen Sosial Lingkungan BEMFA MIPA UM 2022 yang bertemakan "Selamatkan Alam, Tanamkan Mangrove". Tujuan diadakannya GREENACTION yaitu sebagai wadah pelestarian mangrove guna memperluas wawasan, pengetahuan, dan mengupayakan kontribusi pengurus BEMFA MIPA UM 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2022 di Gunung Pithing Mangrove Conservation (GPMC), Jalan Pantai Tamban RT 12/04 Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, 65176. GREENACTION diikuti oleh 56 orang pengurus BEMFA MIPA UM 2022.

Kegiatan diawali dengan perjalanan panitia dan peserta pada pukul 06.00 WIB dengan waktu tempuh selama 2 jam 30 menit. Panitia dan peserta tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi kehadiran serta sarapan bersama di Balai Nelayan Pantai Tamban. Lalu, pada pukul 09.30 WIB kegiatan dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana GREENACTION, Gubernur Mahasiswa BEMFA MIPA UM 2022, dan Ketua GPMC. Pak Edy, selaku Ketua GPMC juga memberikan materi mengenai seputar tanaman mangrove. Pak Edy mengatakan bahwa tanaman mangrove yang akan kami tanam ini jenis Bruguiera. Mengapa kami menanam jenis ini? Hal ini dikarenakan tanah atau lokasi yang akan kami tanami ini bisa dikatakan tidak terlalu berlumpur. Jadi, penentuan jenis mangrove ini berdasarkan dengan lokasi tanamnya. Selain itu, Pak Edy mengatakan bahwa tanaman mangrove jenis ini lebih kuat sehingga tidak mudah tumbang. Beliau juga mengatakan, apabila kami ingin menggunakan jenis mangrove yang berbeda, maka lokasi penanamannya juga berbeda.

Kegiatan selanjutnya adalah ishoma sebelum melakukan penanaman mangrove. Setelah ishoma, peserta berkumpul di Balai Nelayan untuk melaksanakan briefing dan membentuk kelompok. Pada sekitar pukul 12.30 WIB, peserta menuju ke lokasi  penanaman dengan jalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Kami semua sampai di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Kami diberikan bibit mangrove tiap orang dan langsung melakukan penanaman sejumlah 150 buah dengan masing-masing kelompok diberikan 75 buah mangrove. Penanaman dilakukan sampai sekitar pukul 14.00 WIB. Tak lupa, kami juga mengabadikan momen ini dengan berfoto. Setelah selesai, kami kembali ke Balai Nelayan untuk melaksanakan agenda selanjutnya yaitu bersih diri dan penutupan. Pada pukul 16.30 WIB, peserta dan panitia siap untuk melakukan perjalanan pulang. Peserta dan panitia langsung kembali ke kediaman masing-masing sekitar pukul 19.30 WIB.

"Kegiatan ini merupakan program kegiatan yang benar-benar vibes kegiatan offline nya berdampak baik bagi pengurus. Serangkaian kegiatan yang terlaksana juga lancar sesuai dengan teknis yang terkonsep di awal. Selain itu, kegiatan GREENACTION ini merupakan salah satu prokeg yang bersinggungan langsung dengan masyarakat luar, khususnya Pantai Tamban. Pengalaman dan wawasan terkait pentingnya menjaga ekosistem pesisir pantai dengan penanaman mangrove yang berperan penting demi pelestarian alam. Kegiatan ini tentunya juga menambah hal positif untuk refreshing," ucap Ketua Pelaksana. Tanaman mangrove ini menjadi salah satu subjek utama bagi pengembangan lingkungan di Indonesia. Dengan adanya kegiatan GREENACTION ini dapat mendukung kesadaran masyarakat bahwa tanaman mangrove memang penting untuk melindungi lingkungan, khususnya daerah pantai. Melestarikan tanaman mangrove adalah usaha yang sangat baik untuk menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan habitat di sekitar hutan mangrove.

Gambar 2. Sarapan bersama, dokpri 
Gambar 2. Sarapan bersama, dokpri 

Gambar 3. Pemaparan materi oleh Ketua GPMC, dokpri 
Gambar 3. Pemaparan materi oleh Ketua GPMC, dokpri 

Gambar 4. Perjalanan menuju lokasi penanaman, dokpri 
Gambar 4. Perjalanan menuju lokasi penanaman, dokpri 

Gambar 5. Penanaman mangrove, dokpri 
Gambar 5. Penanaman mangrove, dokpri 

Gambar 6. Dokumentasi bersama, dokpri 
Gambar 6. Dokumentasi bersama, dokpri 

DEPARTEMEN SOSIAL LINGKUNGAN

BEMFA MIPA UM 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun