Sejak adanya wabah virus covid-19 di seluruh dunia termasuk di negara Indonesia yang berdampak ke segala aspek kehidupan salah satunya aspek pendidikan. Setahun lebih pendidikan di Indonesia melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring (Dalam jaringan) menjadi salah satu kebiasaan baru.
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh universitas pendidikan Indonesia yang dilaksanakannya secara daring seperti tahun sebelumnya. Dan saya memilih tema program membangun desa melalui bidang pendidikan .
Pendampingan orangtua merupakan faktor utama dalam mendukung pembelajaran saat ini sehingga anak bergantung pada pola didikan orang tua dirumah, oleh karenanya orang tua perlu menyiapkan diri dalam membimbing anak.Â
Diantara lain ialah harus bisa mengakses internet dengan segala kecanggihannya yang berupa pembelajaran tatap maya yang pembelajarannya dilakukan dengan aplikasi zoom, google meet dan lain sebagainya, tapi rata-rata di kampung kebanyakan orang tua tidak bisa mengakses internet dengan baik dan terkendala biaya kuota, maka peran guru yang harus mengatur starategi bagaimana pembelajaran daring ini bisa terlaksana dengan baik sebagai contoh guru membuat media pembelajaran video dan ppt, mencari video materi di youtube yang sesuai pembelajaran, komunikasi video call satu-satu dan guru juga bisa menyambangi satu per satu rumah siswanya.