Mohon tunggu...
Bella NurLaelatul
Bella NurLaelatul Mohon Tunggu... Mahasiswi

Artis kidul gunung

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Filsafat Pendidikan Pragmatisme Beserta Tokoh-tokohnya

23 April 2020   02:12 Diperbarui: 23 April 2020   02:11 6 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb
Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian filsafat pendidikan pragmatisme beserta tokoh tokohnya langsung saja berikut penjelasannya:

A. Pengertian filsafat pendidikan pragmatisme
Filsafat pendidikan pragmatisme adalah sebuah pemikiran dan pendapat yang dapat dipraktikkan atau dicontohkan dengan benar dan berguna. Filsafat pendidikan ini beranggapan bahwa dalam sebuah kehidupan tidak ada tujuan akhir melainkan tujuan sementara yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk tujuan yang berikutnya. 

Sama halnya dengan dunia pendidikan yang tidak mengenal tujuan akhir. Implementasi dari filsafat pendidikan pragmatisme lebih mengarahkan pembelajaran peserta didik disekolah tidakjauh berbeda dengan yang berada diluar sekolah. Agar ketika kita berada diluar sekolah ia dapat menghadapi problematika yang ada.

B.  Tokoh tokoh dari filsafat pendidikan pragmatisme
1. Charles Sandre Peirce (1839-1914)
Beliau ialah pendiri filsafat pendidikan pragmatisme di Amerika, pemikiran dari tokoh Charles Sandre Peirce tentang filsafat pendidikan pragmatisme sangat berbeda dengan tokoh filsafat pragmatis yang lainnya.

2. Jhon Dewey (1859)
Beliau berpendapat bahwa tugas dari filsafat pragmatisme ialah memberikan suatu arahan terhadap perilaku atau perbuaatan yang nyata. Baginya filsafat harus berpijak krpada pengalaman dan pengolahan yang sangat kritis.

3. George Heberd Mead (1863-1931)
Periode dari tokoh  George Herbert Mead tidak jauh berbeda dengan Charles Sandre Peirce beliau lebih suka menjadi seorang pakar sosial dibandingkan dengan menjadi filusuf.

Sekian penjelasan dari filsafat pendidikan pragmatisme yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi pembaca bila ada kesalahan kata maupun penulisan saya sebagai penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya sekian trimakasih dan selamat membaca
Wassalamu'alaikum wr.wb

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x