Mohon tunggu...
Bella Luft
Bella Luft Mohon Tunggu... bella luftiana

@bellaluft

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kontribusi Mahasiswa UNS di Tengah Pandemi dalam KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19

7 Agustus 2020   20:09 Diperbarui: 7 Agustus 2020   20:38 85 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kontribusi Mahasiswa UNS di Tengah Pandemi dalam KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19
picsart-08-07-07-29-28-5f2d4b47d541df5fb808f662.jpg

Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Tanggap Wabah Covid-19 yang merupakan upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Mahasiswa KKN diharapkan dapat secara mandiri mengimplementasikan unsur-unsur yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata di domisili masing-masing.

Mahasiswa KKN Tanggap Wabah Covid-19 berupaya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi yang cukup meresahkan di berbagai kalangan masyarakat. Pemerintah akan menerapkan “New Normal” dimana Indonesia bersiap menghadapi era normal yang baru pada kondisi pandemi virus Corona. Hal tersebut diharapkan akan kembali menggerakkan kegiatan perekonomian yang laju pertumbuhannya sempat terpuruk. Sehingga perlu untuk diperkenalkan lebih dini dan masif kepada masyarakat luas. Sehingga hal ini akan menjadi penting bagi masyarakat untuk mempersiapkan fase produktif dan aman sebagai sebuah normal baru.

Bertambahnya angka positif COVID-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Klaten terus meningkat setiap harinya, sehingga perlu di galakkan mengenai kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19. Salah satu hal mendasar yang perlu dibiasakan adalah Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Namun kesadaran masyarakat akan hal tersebut masih kurang dan masih perlu pendampingan.

Program KKN ini dilakukan oleh salah satu mahasiswi Program Studi Pendidikan Matematika bernama Bella Luftiana Herawati NIM K1317010 dengan didampingi oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Sudibya, MS sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang dilaksanakan di Perumahan Puri Klepu Indah, Klepu, Ceper, Klaten. Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni hingga tanggal 17 Juli 2020 dengan judul “ Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19 Dalam Mengadapi New Normal ”

Pendampingan pemahaman masyarakat di perumahan Puri Klepu Indah terhadap Covid-19 dan persipan tatanan baru “New Normal” akan diedukasi melalui kegiatan KKN Covid-19 ini. Keberhasilan penanggulangan penyebaran Covid-19 sangat tergantung kepada kedisiplinan masyarakat, dan kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan. Sehingga perlu disampaikan edukasi pemahaman sedini mungkin.

20200806-234511-0000-5f2d4c31d541df3534169bb2.png
20200806-234511-0000-5f2d4c31d541df3534169bb2.png
Kegiatan yang dilakukan oleh Bella antara lain edukasi PHBS, penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan handsanitizer, pengadaan sabun cuci tangan di tempat-tempat fasilitas umum, penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang sangat mudah menanamnya dan cukup sering diperlukan sehari-hari sebagai edukasi ketahanan pangan yang dilanjutkan dengan pembuatan minuman jahe anget yang mampu meningkatkan imun tubuh,  sharing informasi update Covid-19 di Kabupaten Klaten setiap harinya, pembagian poster mengenai konten-konten edukatif, pembuatan video edukasi, pemasangan MMT, demo pembuatan handsanitizer saat kegiatan PKK, dll.

Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan daring dan luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk poster dan video mahasiswa di publikasikan secara online melalui WhatsApp Group ibu-ibu warga Perumahan Puri Klepu Indah, akun Instagram mahasiswa (@bellaluft) dan akun YouTube mahasiswa (Bella Luft) .

Kegiatan ini mendapat dukungan dari ketua RT setempat dan warga juga memberikan respon yang baik pada kegiatan edukasi yang diberikan dengan antusias yang tinggi. Terutama saat kegiatan perkumpulan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Bella diberi kesempatan untuk demo pembuatan handsanitizer dengan bahan yang mudah dicari dan harga terjangkau dilanjutkan dengan pembagian sejumlah handsanitizer kepada anggota PKK yang berhasil menjawab pertanyaan kuis.

Dengan adanya kegiatan KKN ini, diharapkan dapat meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap COVID-19 dan warga Puri Klepu Indah lebih siap menghadapi era new normal serta tetap produktif di tengah pandemi dengan menaati protokol kesehatan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x