Mohon tunggu...
Bella Anbar
Bella Anbar Mohon Tunggu... Lainnya - Scientist di bidang Biopharmaceuticals industry

I'm a microbiologist who love music and art.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mikroba, Si "Tiny Titans of The Earth"

16 Juli 2021   19:20 Diperbarui: 16 Juli 2021   19:45 154 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mikroba, Si "Tiny Titans of The Earth"
Bakteri di bawah mikroskop. (www.britannica.com)

Kecil, tak kasat mata dan ada dimana - mana. Deskripsi tersebut merupakan kata-kata yang pas untuk menggambarkan makhluk ini. Sekilas terdengar menyeramkan, namun ini bukanlah soal hantu atau pun tentang makhluk halus lainnya, tetapi pada artikel kali ini akan dibahas tentang mikroorganisme atau kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah mikroba.

Mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, sama hal nya dengan virus corona yang sedang marak diperbincangkan karena menyebabkan penyakit COVID-19 sekarang ini. Untuk dapat melihat mikroba dengan jelas maka diperlukan bantuan sebuah alat yang dinamakan mikroskop. Oleh karena itu, maka tak heran mikroba disebut juga sebagai organisme mikroskopis.

Mikroba ini dapat berupa bakteri, fungi, archaea atau protista. Namun tidak termasuk virus dan prion, yang umumnya diklasifikasikan bukan sebagai makhluk hidup.

Keberadaan mikroba sudah ada milyaran tahun sebelum hewan dan tumbuhan menunjukkan wujudnya di Planet Bumi ini. Si penghuni kecil ini sangatlah melimpah keberadaannya di darat, di laut dan di udara. Oleh karena itu tak heran si kecil ini mewakili sebagian besar biomassa (bahan yang berasal dari makhluk hidup) di Planet Bumi kita tercinta. Biasanya mikroba hidup dalam komunitas yang kompleks. Sama hal nya seperti manusia yang hidup dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Begitu pun juga dengan mikroba, mereka dapat berinteraksi satu sama lain dalam komunitas tersebut, selain itu mereka juga dapat berinteraksi dengan lingkungan yang mereka tempati.

Komunitas mikroba. (www.healththoroughfare.com)
Komunitas mikroba. (www.healththoroughfare.com)

Aktivitas mikroba sangatlah penting untuk menopang kehidupan di Planet Bumi. Oksigen yang kita hirup saat ini adalah salah satu contoh nyata dari hasil aktivitas mikroba. Tak hanya berhenti di situ, mikroba pun tak luput perannya dalam kehidupan hewan dan tumbuhan. Evolusi dan kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan tak luput dipengaruhi oleh aktivitas mikroba dan interaksinya dengan si kecil tersebut. Tak hanya pada kehidupan hewan dan tumbuhan, mikroba pun memiliki banyak pengaruh bagi kehidupan manusia dari mulai makanan yang kita makan, air yang kita minum, kesuburan tanah dan bahkan bahan bakar yang kita gunakan untuk kendaraan bermotor. Berkontradiktif dengan ukurannya yang kecil, peran mikroba di Planet Bumi ini sungguhlah besar, maka tak heran jika mikroba ini dijuluki sebagai "Tiny Titans of the Earth".

Sumber :

Health Thoroughfare . Diakses pada tanggal 16 Juli 2021, pukul 18.01.

Britannica . Diakses pada tanggal 16 Juli 2021, pukul 18.29.

Madigan, Michael T dkk. (2018). Brock Biology of Microorganisms, 15th Edition. London : Pearson.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x