Mohon tunggu...
Bella Agustin Lelyana Putri
Bella Agustin Lelyana Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S-1

Hobi yang saya miliki adalah mencoba resep masakan baru, menggambar, dan menulis puisi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

3 Kebiasaan Kecil yang Dapat Meningkatkan Kreativitas dan Mengurangi Rasa Malas

1 November 2022   11:00 Diperbarui: 1 November 2022   11:03 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Rasa malas seringkali datang secara tiba-tiba dan sulit untuk dihilangkan. Hal itu membuat beberapa kegiatan kita menjadi terkendala dan berhenti di tengah jalan sehingga kehilangan minat dan ide untuk kegiatan selanjutnya. Sebagian dari kita banyak yang menganggap ini hal biasa, padahal sebenarnya ini hal yang akan membawa dampak buruk jika berkepanjangan. 

Rasa malas memang hal yang wajar dan manusiawi, akan tetapi bukan berarti kita menormalisasikan rasa malas sebagai hal yang wajar dan sepele. Rasa malas jika sering kita biasakan dan manjakan dalam diri kita, maka sedikit demi sedikit dia akan menghancurkan struktur kehidupan dalam diri sendiri, seperti sering menunda pekerjaan, menganggap semua hal sepele, minimnya tanggung jawab, berkurangnya disiplin, tidak produktif, dan rasa lelah yang berlebih. Memang bukan sepenuhnya rasaadalah hal yang merugikan, jika itu tidak terjadi dalam waktu yang berkepanjangan sampai-sampai kita melewatkan banyak waktu. 

Ada kalanya juga rasa malas memberikan sebuah manfaat seperti merenggangkan otot untuk beristirahat, berhenti sejenak untuk memikirkan ide dengan santai, dan memberi sedikit waktu untuk menarik nafas dengan lega. Jangan salah artikan manfaat malas ini sebagai hal yang kemudian akan menjadikan alasanmu untuk merasa malas setiap saat. Berikut 5 hobby atau kebiasan kecil yang mungkin akan membantu meningkatkan kreativitas, semangat, dan mengurangi rasa malas. 

1. Membaca 

Seperti yang kalian tahu bahwa membaca adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan kreativitas kita. Akan tetapi banyak juga sebagian dari kita yang merasa bahwa membaca justru menimbulkan rasa malas. Karena membaca bagi sebagian orang adalah hal yang membosankan. Memang benar jika membaca membutuhkan konsentrasi yang cukup besar, akan tetapi kita juga bisa memulainya dengan membaca buku atau cerita kesukaan kita yang semakin meningkatkan semangat atau gairah kita dalam membaca buku. Membaca buku untuk mengisi waktu luang, sebenarnya tidak perlu membutuhkan buku yang memiliki pembahasan berat atau serius. Sebab disini konteks nya adalah bagaimana kita melakukan hobby kecil yang meningkatkan kreativitas dan mengurangi rasa malas. Jika kita membaca buku yang dapat meningkatkan gairah (minat masing-masing) maka kita akan merasa bahwa rasa malas itu berkurang dengan ketertarikan kita membaca buku dan mendapatkan sebiah ide atau pencerahan serta semangat baru dalam melakukan kegiatan selanjutnya. 

2. Menggambar 

Selain membaca, hal bisa kita lakukan adalah menggambar. Bukan berarti kita harus menggambar layaknya seorang pelukis. Kita cukup menggambar sekedarnya yang bisa menghibur dan merefleksikan otak. Hal itu juga bisa mengurangi rasa malas dalam diri. Menggambar adalah hal yang menyenangkan entah itu bagi anak-anak maupun orang dewasa. Menggambar selain untuk kesenangan, juga bisa menjadi sebuah sasaran gambaran apa yang kita rasa dan pikirkan terlepas dari bagus dan jelek hasil gambaran tersebut. Maka dengan itu menggambar juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa digunakan dalam mengisi waktu kita saat beristirahat agar tidak terlalu larut dalam beristirahat. Sebab orang yang sedang beristirahat dan terlalu melepaskan beban akan timbul rasa malas. Bukan berarti kita tidak memiliki waktu beristirahat dengan tenang. hal itu bisa dilakukan. Maka jika kita bisa mengisi waktu istirahat dengan hal santai yang menyenangkan dan bermanfaat, kenapa tidak? 

3. Olahraga 

Olahraga juga merupakan salah satu kegiatan yang efektif untuk merefleksikan otot dan menghilangkan mood buruk. Jika dalam konteks peningkatan kreativitas, maka olahraga yang dilakukan bukan olahraga yang membentuk otot, akan tetapi cukup olahraga yang dapat meregangkan otot, merefleksikan otot-otot santai sehingga kita bisa merasa lebih baik setelahnya. Hal tersebut juga dapat meminimalisir rasa malas agar tidak berlarut didalamnya. Olahraga ringan seperti peregangan otot dan tarik nafas kecil juga bisa diajdikan sebuah kebiasaan kita dalam menjaga kondisi mood agar tetap stabil dan baik. Jika kita mampu menjaga mood agar tetap baik dan stabil maka kita bisa mempekerjakan otak dengan gelombang berpikir yang santai. Maka hal itu secara tidak langsung bisa meningkatkan kreativitas kita dan mengurangi rasa malas. 

Banyak hal yang bisa kita lakukan selain tiga hal diatas. Sebab, minat dan bakat orang juga amsing-masing. Akan tetapi setidaknya dengan tiga kebiasan diatas, bisa membantu untuk meningkatkan sebuah kreativitas dan emngurangi rasa malas dengan simple akan tetapi efektif apabila kita bersabar dan rutin. Sebab semua hal yang kita lakukan, kita akan menerima dampaknya. Dan berusahalah bagaiamana cara damapk yang kita terima itu adalah dampak yang baik dan bermanfaat. 

Terima Kasih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun