Mohon tunggu...
Bella BektiTriwulandari
Bella BektiTriwulandari Mohon Tunggu... Bella BektiTriwulandari

Penulis Pemula

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peran dan Strategi dalam Menghadapi Pandemi

22 Juni 2021   18:25 Diperbarui: 22 Juni 2021   19:26 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran dan Strategi dalam Menghadapi Pandemi
finance.detik.com


Abstrak

Coronavirus atau disebut juga dengan virus corona merupakan keluarga besar virus yang mengakibatkan terjadinya infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019.

Oleh karena itu, dalam hal ini pemerintah membuat stimulasi dalam bidang perbankan bagi masyarakat debitur yang terdampak Covid-19. Sejauh ini, kinerja perbankan dapat dikategorikan masih dalam keadaan baik dan masih terjaga meskipun sedang terjadi wabah Covid-19 ini. Namun jika dalam waktu yang panjang wabah ini belum juga terselesaikan, maka keadaan kinerja ekonomi perbankan kemungkinan akan mengalami penurunan atau memburuk. Karena keadaan kinerja perbankan untuk beberapa bulan bahkan beberapa tahun kedepan akan sangat bergantung kepada bagaimana penanganan Covid-19 dimasa sekarang.

Kata kunci: Peran Perbankan, Strategi Perbankan.

Abstract

Coronavirus or also known as corona virus is a large family of viruses that cause mild to moderate upper respiratory infections, such as flu. Many people are infected with this virus, at least once in their life. COVID-19 (coronavirus disease 2019) is a disease caused by a new type of coronavirus, namely Sars-CoV-2, which was first reported in Wuhan China on December 31, 2019.

Therefore, in this case the government makes stimulation in the banking sector for the debtor community affected by Covid-19. So far, banking performance can be categorized as still in good condition and still maintained despite the Covid-19 outbreak. However, if in a long time this epidemic has not been resolved, then the state of the banking economic performance is likely to decline or worsen. Because the state of banking performance for the next few months or even the next few years will very much depend on how to handle Covid-19 in the present.

Keywords: Role of Banking, Banking Strategy.

Coronavirus atau disebut juga dengan virus corona merupakan keluarga besar virus yang mengakibatkan terjadinya infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya.

COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Namun, saat ini sudah ada vaksin untuk mencegah penularan virus corona, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan jadi orang pertama di Indonesia yang akan diberi suntikan vaksin COVID-19. Jokowi akan menerima dosis pertama vaksin Sinovac. Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang mengandung virus SARS-CoV-2 yang sudah tidak aktif. Penyuntikan vaksin Sinovac akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali virus yang sudah tidak aktif ini dan memproduksi antibodi untuk melawannya sehingga tidak terjadi infeksi COVID-19, selain itu ada pula jenis Vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan vaksin asal Inggris bersama ilmuwan di University of Oxford. Artinya, pengembang vaksin mengambil virus yang biasanya menginfeksi simpanse, dan dimodifikasi secara genetik untuk menghidari kemungkinan infeksi parah terhadap manusia dan yang terakhir jenis Vaksin Sinopharm yang baru tiba di Indonesia, adalah jenis vaksin Covid-19 yang menggunakan teknologi pengembangan yang sama dengan vaksin Sinovac.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN