Mohon tunggu...
Bella BektiTriwulandari
Bella BektiTriwulandari Mohon Tunggu... Bella BektiTriwulandari

Penulis Pemula

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

VIRUS CORONA MEMBERIKAN DAMPAK PADA SEKTOR PERDAGANGAN DAN PARIWISATA DI INDONESIA-CHINA

28 Januari 2021   06:56 Diperbarui: 28 Januari 2021   12:45 172 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
VIRUS CORONA MEMBERIKAN DAMPAK PADA SEKTOR PERDAGANGAN DAN PARIWISATA DI INDONESIA-CHINA
916484-720-6011fc17d541df18bd638602.jpg

VIRUS CORONA MEMBERIKAN DAMPAK PADA SEKTOR PERDAGANGAN DAN PARIWISATA DI INDONESIA-CHINA

Bella Bekti Triwulandari

bellabekti5@gmail.com

Abstrak

Pada awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan datangnya Virus Corona (covid-19) yang berasal dari Negara China. Virus Corona (covid-19) memberikan dampak buruk bagi Negara China dan beberapa Negara lainnya, akibat dari Virus ini banyak orang yang meninggal dunia. Perekonomian China-pun mengalami penurunan karena banyak perusahaan-perusahaan yang harus terpaksa ditutup. Dampak dari Virus Corona ini juga mempengaruhi perdagangan dan pariwisata yang ada. Hal ini terjadi karena menurunnya ekspor-impor dari Negara China dan ke Negara China. Tetapi ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak dari Virus ini, diantaranya diversifikasi pangsa ekspor-impor ke Negara lain, meningkatkan produksi dan konsumsi dalam negeri, dan meningkatkan pariwisata dalam negeri dan wisatawan dari luar negeri China.

Kata kunci: virus corona, dampak perdagangan, dampak pariwisata.

Abstract

At the beginning of 2020, the world was shocked by the arrival of the Corona Virus (covid-19) which originated from China. The Corona virus (covid-19) has a bad impact on China and several other countries, as a result of this virus many people have died. China's economy has also experienced a decline because many companies have had to close down. The impact of the Corona Virus also affects existing trade and tourism. This happened because of the decline in exports and imports from China and to China. But there are several efforts that can be made to overcome the impact of this virus, including diversifying the share of export-import to other countries, increasing domestic production and consumption, and increasing domestic tourism and tourists from abroad in China.

Keywords: corona virus, trade impact, tourism impact.

Pendahuluan

Pada awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan datangnya Virus Corona (covid-19) dan menjadi topik permasalahan di dunia Internasional. Virus yang berasal dari Negara China ini telah menyebabkan banyak kematian. Dampak dari Virus Corona (covid-19) banyak perusahaan kecil, menengah, maupun besar yang harus terpaksa ditutup untuk sementara. Namun, tidak hanya perusahaan saja yang ditutup, tempat makan dan tempat pariwisata juga harus terpaksa ditutup. Selain itu, Virus Corona sangat berpengaruh dalam perekonomian dunia termasuk Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x