Mohon tunggu...
Herwin syah
Herwin syah Mohon Tunggu...

Sharing Informasi tentang IT di Belajar-IT.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Beberapa Kerusakan Laptop Dilihat dari Tampilan LCD

1 Desember 2012   04:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:23 9963 0 2 Mohon Tunggu...

Bari beberapa pengalaman dan diskusi di forum forum, ada beberapa kerusakan laptop yang bisa dianalisa dari melihat tampilan pada LCD laptop, Analisa dan bagaimana cara penangananya. sedikit info saja List kerusakan pada LCD laptop, Tetapi laptop di power On Hidup : Layar Mati bisa disebabkan karena  :

  • Inverter

Inverter adalah pengubah arus voltase listrik kecil ke voltase listrik besar. Fungsinya sebagai power backlight LCD. Jika inverter ini mati maka layar menjadi gelap. Jika Laptop anda gelap coba hidupkan dengan layar external. Jika menggunakan external layar hidup, coba restart dan kabel layar external di cabut. Kemudian coba hidupkan ulang dan sorot LCD laptop dengan lampu senter. Apakah tampilannya ada / pada saat dihidupkan biasanya akan muncul logo dari brand laptop. Apakah pada saat di sorot dengan senter terlihat logonya? Jika terlihat berarti permasalahannya ada pada power backlight LCD (Inverter). Atau bisa juga karena fuse Putus

  • VGA (chipset Vga ) Mati

VGA merupakan sebuah IC controller tampilan pada layar LCD. Jika vga ini mati maka layar LCD pun menjadi mati. Permasalahan ini hanya bisa diselesaikan dengan mereflow atau mengganti Chipset VGA.

  • Lampu Panel LCD mati

Kalau kita bisa membongkar LCD pada bagian bawah LCD laptop bisanya terdapat lampu semacam neon kecil Kalau masalah yang terjadi memang dari layar LCDnya yang mati… solusinya ganti layar LCD.

  • Gagal Boot Pada BIOS

Ada kalanya kerusakan ini di akibatkan karena gagal pada bios. Ada beberapa teknik yang bisa dicoba tanpa harus flash bios di tempat service laptop. Tetapi memang resikonya agak besar, bisa2 laptop malah mati total jika salah procedure. Untuk pembahasan ini akan saya posting lagi secara tersendiri.

  • Masalah pada RAM

Biasanya kalau memory laptop sudah mulai trouble. Masalah mati LCD / laptop tidak mau boot sering terjadi. Solusinya copot RAM (memory) latop bersihkan bagian kuningan / tembaga dengan penghapus (Stip) pensil. Karena masalah kotor biasanya juga jadi penyebab RAM bermasalah.

  • LCD rusak pada bagian panel

Biasanya pada awalnya ditandai dengan adanya garis secara vertical atau horizontal. Garis biasanya lama kelamaan membesar / melebar. Kerusakkan ini terjadi panel LCD bagian atas atau flexible kabel mulai longgar. Tapi karena terhubung lang sung ke panel utama laptop dan kabel flexiblenya sangat tipis rentan sekali terhadap kerusakan.

  • Kabel Flexible Trouble

Paling sering masalah kabel Flexible VGA, Kabel Flexible ini adalah kabel yang terhubung dari panel LCD  ke socket VGA output mainboard . Kerusaknya akibat seringnya buka dan tutup layar laptop, tetapi juga karena memang sudah umurnya. Biasanya  kerusakan karena kabelnya terjepit atau juga salah satu kabelnya ada yang putus. www.belajar-IT.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x