Mohon tunggu...
muhammad idris al satria
muhammad idris al satria Mohon Tunggu... hanya Mahasiswa di Universitas Islam Kota M

bukan siapa siapa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bagaimana Cara Ibadah Seorang Pemeluk Agama Kristen?

30 Maret 2020   20:40 Diperbarui: 30 Maret 2020   20:54 4258 0 0 Mohon Tunggu...

Agama Kristen di Indonesia menurut catatan ensiklopedia dicatat jelas keberadaannya pada abad ke-10 dan ke-11. Menurut sensus penduduk tahun 2010, 6,96% dari penduduk Indonesia adalah Protestan dan 2.91% beragama Katolik.

Wilayah-wilayah tradisional Kristen di Indonesia terkonsentrasi di Tanah Batak, Taneh Karo, Nias, Mentawai, pedalaman Kalimantan, Minahasa, Poso, Tana Toraja, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Maluku dan Papua.

Disini saya mempunyai narasumber yang bernama Santini Yulche N yang berasal dari Tulungagung. Jadi disini saya langsung saja mengajukan 2  pertanyaan seputar Bagaimana Cara Ibadah Seorang Pemeluk Agama Kristen.

Apa yang dilakukan saat beribadah?

" Jadi di agama kristen pertama kali datang bedoa dulu setelah itu ada acara ibadah yang pertama doa pembuka,sebelum doa pembuka ada pujian penyembahan baru doa pembuka setelah itu pujian pujian. Didalam pujian ada 2, yaitu preys dan worship. Didalam pujian peys lagu-lagu yang cepat sedanngkan yang worship itu lagu yang pelan buat penyembahan. Setelah lagu preys beberapa lagu setelah itu masuk ke lagu worship untuk firman tuhan. Jadi setelah doa setelah lagu preys kita doa buat firman tuhan baru firman tuhan. Stelah firman tuhan dibentangkan setelah itu doa penutup untuk firma nada yang namanya persembahsan. Jadi persembahan itu membawa sebagian rezeki di persembahkan. 

Dalam persembahan ada puji-pujian. Setelah puji-pujian selesai, biasanya ada pengumuman-pengumuman untuh ibadah-ibadah di hari-hari seperti rabu dan hari-hari tertentu tergantung gereja. Jadi gereja itu mengadakan ibadah tidak sama hari-harinya, kalau hari minggu setiap gereja pasti mengadakan ibadah. Tetapi kalau hari seperti hari senin-sabtu itu beda-beda hari. Setelah penguman itu melakukan doa penutup atau doa berkat bisa dibilang doa syafaat, itu untuk doa bangsa dan Negara, kota kita tinggal saat ini, untuk warga sekitar. Setelah itu selesai "Amen" jabat tangan dan pulang."

Perayaan apa saja yang ada di agama Kristen?

"Perayaan besar pasti 25 Desember yaitu Natal. Terus perayaan Paskah atau biasa disebut dengan kebangkitan Tuhan Yesus (Isa Al Masih). Selanjutnya Pentakosta itu pencurahan Roh Kudus. Hari kenaikan Tuhan Yesus, itu perayaan setelah Pentakosta.

Kesimpulan dari wawancara saya dengan narasumber, cara ibadah Umat Kristen tidak seperti saya baynagkan. Sebelumnya saya mengira bahwa waktu ibadah umat Kriten hanyalah hari Minggu. Tetapi di hari lain juga beribadah juga.

Sekian artikel yang bisa saya buat. Saya minta maaf jika ada kata-kata atau istilah yang salah. Karena saya hanya bisa wawancara lewat aplikasi WA(Whatsaap) dikarenakan wabah COVID-19 ini belum selesai. Semoga wabah ini menghilang dari Negara tercinta ini. Terima kasih.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x