Mohon tunggu...
Bernadeta Berlian P
Bernadeta Berlian P Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UAJY 2018

just let me gracefully pass this semester

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

CNBC Indonesia sebagai New Media

8 September 2020   12:38 Diperbarui: 8 September 2020   13:32 162 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Kehadiran internet membuat proses persebaran informasi semakin cepat, agar dapat terus bersaing menghadirkan berita/konten terbaru, media massa kini berlomba-lomba membuat berbagai konten komunikasi yang menarik dan interaktif bagi pembacanya melalui portal media online-nya. Istilah new media atau media baru digunakan untuk menggambarkan media yang menghadirkan konten komunikasi berbasis elektronik yang dibuat berdasar permintaan dan terintergrasi dengan internet, sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat dimanapun dan kapanpun.

Martin Lister (dalam Widodo, 2020, h.14-16) kemudian memaparkan enam karakteristik new media, yakni :

Digital

Sebelum informasi terdigitalisasi, penyimpanan informasi masih disimpan dalam bentuk fisik seperti surat kabar, catatan, serta kaset rekaman. Namun sejak tahun 1990-an pertumbuhan teknologi digital memungkinkan informasi kini dapat disimpan, dikonversi, dan ditransmisikan dalam kode biner. Hal ini memberikan sejumlah keuntungan seperti kemudahan dalam mengakses/mengunduh kembali serta besar data yang dapat dikompresi.

Digitalisasi juga menghadirkan adanya konvergensi informasi yakni penggabungan konten dalam bentuk teks, audio dan visual. Saat ini, berbagai situs new media juga melakukan perpaduan konten seperti informasi teks dan audio-visual.

Interactivity

Internet yang memungkinkan interaksi saat ini dapat dilakukan secara real-time dan dua arah membuat konsumen kini dapat lebih aktif terlibat dalam media baru. Interaktivitas konsumen dapat dilihat melalui fitur komentar, like, dan share.

Hypertextual

Hypertextual sederhananya dapat dipahami sebagai link atau tautan yang berisi rujukan teks atau menuju halaman referensi. Hypertext merupakan fitur umum dari media baru yang memungkinkan pembaca dapat dengan leluasa memilih konten berita yang ingin diakses.

Jaringan (Global)

Media digital yang terintergrasi dengan internet memungkinkan pembaca dapat mengakses berita secara global, jadi tidak hanya dapat mengetahui berita lokal secara cepat tetapi kita juga dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain dan memperluas wawasan serta menambah pengetahuan pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan