Mohon tunggu...
budi setiawan
budi setiawan Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

fakultas teknik progam studi perencanaan wilayah kota Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Money

Multisektor Analisis Pertumbuhan Perekonomian

10 November 2019   23:30 Diperbarui: 10 November 2019   23:39 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Multi sector analysis

Multi sector analysis (MSA) adalah suatu analisis kualitatif dalam mengukur tingkat kompetitif dari faktor-faktor yang terkait. Analisis ini merupakan metode untuk melengkapi bukti pendukung strategis pengembangan perekonomian.

Multi sector analysis (MSA) dirancang untuk membantu para praktisi memeriksa apakah suatu populasi target yang terkena dampak dapat secara adil dan merata dalam mengakses jumlah barang dan jasa yang diharapkan.

Tujuan multi sector analysis (MSA)  adalah untuk memberi informasi dan pendukung strategi pengembangan perekonomian. Multi sector analysis (MSA) biasanya akan dilakukan dalam dua bulan pertama. Jika ada ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan, multi sector analysis (MSA) mengidentifikasi penyumbatan atau kerusakan dan menyediakan saran tentang cara memperbaikinya. Multi sector analysis (MSA) dapat dan harus membantu dalam merancang intervensi yang sesuai, dengan:

  • Mendukung keputusan mengenai apakah akan menyediakan barang atau jasa secara langsung (pengiriman barang) atau tidak langsung melalui penyedia lokal (misalnya melalui voucher atau uang tunai).
  • Identifikasi kebutuhan kemanusiaan atau sasaran program apa yang dapat dipenuhi melalui ketentuan setempat barang dan jasa (atau pasar).
  • Identifikasi penyumbatan atau hambatan bagi orang yang rentan untuk mengakses pasar.
  • Menyediakan cara untuk mengimplementasikan program yang dapat mendukung mata pencaharian dan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang.

Multi sector analysis (MSA) terdiri dari lima langkah kritis berikut:

  • Analisis Situasi Pasar
  • Memahami permintaan pasar
  • Memahami penawaran pasar
  • Menganalisis fungsionalitas pasar (apakah penawaran = permintaan)?
  • Tanggapan rekomendasi dan pertimbangan implementasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun