Mohon tunggu...
budi setiawan
budi setiawan Mohon Tunggu... mahasiswa

fakultas teknik progam studi perencanaan wilayah kota Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Analisis Input Output (IO) dalam Pertumbuhan Ekonomi

10 November 2019   17:17 Diperbarui: 10 November 2019   17:17 311 0 0 Mohon Tunggu...

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses perubahan kondisi perekonomian atau proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian dalam bentuk menaikan pendapatan nasional. Dalam pertumbuhan ekonomi terdapat suatu analisis berupa analisis input output atau analisis IO. 

Pengertian analisis input output (IO) pada pertumbuhan ekonomi wilayah adalah suatu analisis yang memiliki tujuan untuk mengetahui keterkaitan kegiatan perekonomian antar sektor, baik sektor produksi maupun sektor konsumsi. Analisis input atau backward linkage berperan untuk menarik sedangkan analisis output atau forward linkage bertujuan untuk mendorong suatu kegiatan ekonomi.

Menurut Boediono pada tahun 1999, pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses dari kenaikan output perkapita dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi menurut Boediono (1999) meliputi tiga aspek yaitu :

  • Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses dalam aspek ekonomi yang perekonomiannya berkembang atau berubah dari waktu ke waktu.
  • Pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan adanya kenaikan output perkapita, dua aspek penting yang mendukung yaitu aspek output total dan aspek jumlah penduduk. Output perkapita adalah output total dibagi dengan jumlah penduduk.
  • Pertumbuhan ekonomi dikaitkan dengan perspektif waktu yaitu suatu perekonomian dikatakan tumbuh bila dalam jangka waktu yang cukup lama (lima tahun) mengalami kenaikan output perkapita.

Suatu analisis input output (IO) memiliki fungsi dalam perhitungan daya menarik, daya pendorong, dan derajat kepekaan sebagai berikut :

  • Daya menarik (backward linkage) memiliki fungsi untuk menggambarkan pengaruh kenaikan permintaan akhir suatu sektor terhadap sektor lainnya.
  • Daya pendorong (forward linkage) memiliki fungsi untuk tumbuhnya sektor -- sektor hilir karena meningkatkan input yang disediakan oleh sektor hulu.
  • Derajat kepekaan memiliki fungsi untuk merangsang sektor hilir untuk berkembang karena berkembangnya sektor hulu, derajat kepekaan digunakan untuk mengetahui daya dorong.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x