Mohon tunggu...
Beni Saputra
Beni Saputra Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Investasi Terbesarmu adalah Perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Cakap Berbicara di Depan Umum? 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan dari Sekarang

24 Juni 2022   00:16 Diperbarui: 24 Juni 2022   00:35 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar Pexels.com/ Mentatdgt

Di zaman sekarang, kemampuan yang menjadi salah satu penunjang diri adalah kemampuan berbicara didepan umum. Guys, Berbicara di depan umum ternyata menjadi hal yang sangat menakutkan loh bagi sebagian orang. 7 dari 10 orang yang gue temui mengaku tidak mau, tidak bisa dan takut untuk berbicara di depan banyak orang. Nah, apa sih yang menyebabkan hal itu bisa terjadi? Setelah gue cari tau, bukan kepo ya tapi penasaran aja, ya. Hihi.. 

Banyak teman-teman gue tu malas kalo udah urusannya berbicara didepan banyak mata. 

"Lo, kenapa ga mau jadi moderator pas kultum kemarin?" 

"Malu gue, bro! Ga tau mau ngomong apa. Kaki gue aja gemetaran. Daripada gue jadi moderator mending gue ga sekolah." Jawab salah satu teman. 

Hal ini sering sekali terjadi dimasa SMA loh. Nah, apa jadinya kalo hal ini lo bawa terus menerus hingga ke bangku perkuliahan, kehidupan sosial masyarakat, bahkan sampai kehidupan saat bekerja nanti. Jujur sih setelah gue ikut diskusi sama orang yang pintar bicara didepan umum. Mereka bilang kek gini, 

"Kemanapun kamu pergi modal utama kamu itu bicara didepan banyak orang. Kuliah perlu kemampuan berbicara didepan umum, bekerja perlu bicara didepan umum, hidup dimasyarakat juga perlu kemampuan bicara tersebut. Yah, saatnya lo jadi penggerak jangan hanya menjadi penonton saja."

5 hal ini perlu lo lakukan dari sekarang agar cakap berbicara didepan banyak orang. Bisa lo pelajari dan ampuh hingga situasi mendadak. Sudah gue buktikan sebelumnya, loh. 

1. Kenali langkah-langkah berbicara didepan umum. 

Sumber Gambar Pexels.com/ ICSA
Sumber Gambar Pexels.com/ ICSA

Apa saja yang harus lo katakan? Bagaimana mimik wajah lo, bagaimana cara lo menarik pendengar. Gue melakukan langkah seperti demikian ini. Pertama ucapkan salam dan sapaan, kemudian apresiasi pendengar, sampaikan keuntungan yang bisa mereka dapatkan ketika mereka mendengarkan lo, bahas topik yang akan kita diskusikan. kemudian nanti ikuti saja alur kegiatan yang telah di tetapkan sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun