Kesehatan

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

11 Oktober 2017   19:11 Diperbarui: 13 Oktober 2017   19:45 470 0 1
Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat
cover-59de0d7e88fc8d5b00042dd2.jpg

Mata yang sehat di perlukan untuk kelancaran bekerja, membaca, mengendarai kendaraan, dan melakukan berbagai kegiatan. Gangguan penglihatan ataupun penyakit pada mata dapat terjadi akibat beberapa faktor. Faktor tersebut misalnya karena perilaku sehari-hari yang tidak sehat, kondisi lingkungan maupun pekerjaan. Untuk menjaga agar tetap sehat, ada dua hal yang harus di perhatikan, yaitu faktor makanan dan perilaku atau kebiasaan sehari-hari.

Makanan yang di butuhkan mata agar tetap sehat meliputi buah, sayuran, dan ikan. Contohnya adalah wortel, mangga, pisang, jeruk, anggur, tomat, nanas, kangkung, bayam, ikan sarden dan ikan tuna. 

Perilaku yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat diantaranya :

  • Menghindari kebiasaan mengucek mata.
  • Tidak menonton televisi atau bekerja di depan komputer dengan penerangan minim.
  • Pertahankan jarak 5-6 kali diagonal layar televisi bila akan menonton televisi  dan sebaiknya tidak menonton terus-menerus karena akan memperberat kerja mata.
  • Saat membaca, usahakan jarak mata dengan buku minimal atau lebih dari 30 cm dan tidak sambil tiduran.
  • Selingi kegiatan membaca atau menonton televisi dengan berjalan di taman atau memandang tanaman hijau selama 10-15 menit.
  • Hindari membaca di bawah penerangan langsung yang terlalu kuat karena akan menyilaukan mata.
  • Gunakan Kacamata berlensa gelap atau pelindung mata ketika beraktifitas di luar ruangan untuk melindungi mata dari sinar matahari atau bila bekerja yang berhubungan dengan paparan cahaya atau sinar yang kuat.
  • Usahakan agar mata berkedip secara teratur. Jangan terlalu sering berkedip karena dapat mengakibatkan mata cepat lelah dan sebaliknya, jangan pula terlalu jarang berkedip karena dapat membuat permukaan mata menjadi kering.
  • Memeriksakan mata secara rutin (setiap tahun) juga penting dilakukan agar bila ada kelainan atau penyakit mata dapat diketahui sejak dini. Selain mempercepat penyembuhan, penanganan sejak dini biasanya akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan memuaskan.

Itulah tips cara menjaga kesehatan mata. Jagalah kesehatan mata Anda mulai dari sekarang.