Bayu Susena

karyawan swasta

Libur Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili

27 Januari 2020   11:57 Diperbarui: 27 Januari 2020   16:01 185
Kota Batu dari Royal 360 (dokumen pribadi)

Imlek tahun ini kami sekeluarga secara spontanitas dan tanpa rencana melakukan liburan ke Batu Malang Jawa Timur. Pesan tiket dadakan dan kebetulan masih ada 5 kursi kosong kereta ekskutif Malioboro Expres. Pesan melalui aplikasi KAI Access. Untuk kepulangan langsung membeli tiket juga dan akhirnya hanya mendapat sisa kereta Bisnis Malabar.

Kami menginap di Khalila homestay syariah, lokasinya dekat Jatim Park 3. Kami liburan kali ini merencanakan backpacker agar hemat biaya dan ada pengalaman baru bertemu banyak orang. Backpacker ternyata mengasyikkan dan ada tantangan baru disetiap momen waktu dan butuh penyelesaian secara spontan dengan berbagai pertimbangan.

Tas kami dalam eksplore Batu Malang (dokumen pribadi)
Kami berangkat dari Stasiun Tuju Yogyakarta pukul 20.35 dan sampai di stasiun Malang Kota Baru pukul 03.37 dihari berikutnya. Kami menunggu di stasiun dulu sambil menunggu waktu subuh. Kami tetap menyempatkan foto-foto dan eksplore suasana stasiun Malang. Putra kami bermain di area bermain stasiun.

Kami memutuskan cek in awal di penginapan agar bisa mandi dan menitipkan tas ransel. Kami eksplore Batu Malang. Kami memutuskan ke Jatim Park 2, objek wisata ini cocok untuk anak-anak. Liburan imlek maka ada pertunjukan bertema imlek, ada barongsai, ada pawai budaya china, ada drum band berpakaian china.

Jatim Park 2 (dokumen pribadi)
Selanjutnya kami berkunjung ke Jatim Park 3. Objek ini mengenai dinasaurus dari 5 jaman. Kita naik seperti bus lalu mengelilingi dari tiap-tiap jaman dengan diedukasi atau diberikan penjelasan dari suara pegawai Jatim Park 3. Ada Mall dengan ciri khas jaman purba dan masa lalu. Intinya pengenalan masa lalu ke generasi muda.

Dino Park (dokumen pribadi)
Kami mengunjungi juga Royal 360 Cafe and Resto disini ada pusat oleh-oleh dan restoran. Disini dapat melihat Batu Malang dari ketinggian. Ada sapi asli dan dapat melihat pemerahan susu sapi langsung dan bisa mencicipi olahan susu juga. Kami juga berkunjung di Wisata Edukasi Susu Batu.

Jatim Park 3 (dokumen pribadi)
Setelah dua hari di Batu Malang, saatnya kami kembali ke Jogja karena Senin kami harus kerja dan putra kami juga harus sekolah.

Kami menuju Stasiun Malang pukul 13.00 agar tidak mepet diperjalanan. Kami takut ada kemacetan jika terlalu mepet. Kereta kami berangkat ke Jogja pukul 16.00 tepat dan sampai Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 23.15. Di sela-sela istirahat menjelang dhuhur saya menulis pengalaman liburan ke Batu Malang. Liburan selanjutnya Bandung, tunggu kami di Bandung....