Mohon tunggu...
Bayu Christian
Bayu Christian Mohon Tunggu... Musisi dan Creative Concept

Lead Vocal and Guitarist Bunker 225 (www.bunker225.com) , Creative Concept. Classic Rock 50's - early 90's maniac

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Muddy Waters, Legenda Musik Blues dan Warisan Blues-Nya

22 Februari 2020   02:25 Diperbarui: 22 Februari 2020   02:29 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Muddy Waters, Legenda Musik Blues dan Warisan Blues-Nya
liveabout.com

Musik Blues memang identik dengan musik balada bagi orang-orang Amerika kulit hitam yang menjadi budak. Rata-rata mereka berasal dari negara-negara Afrika Barat yang menjadi budak di Amerika Serikat sekitar abad ke 19. 

Mereka (orang-orang Amerika kulit hitam) ini membuat komunitas dan bermusik untuk menyuarakan isi hati mereka. Biasa nya mereka bernyanyi saling sahut-sahutan dan saling menjawab dengan di iringi gitar dan harmonika. 

Musik ini mulai disukai banyak kalangan saat perang dunia ke 2 berakhir dan menjadi era nya Blues Modern. Musik ini yang sebelum nya hanya dimainkan di desa-desa komunitas orang-orang Amerika  kulit hitam ini mampu masuk dan disukai banyak orang di kota-kota besar yang ada di negara bagian Amerika Serikat khusus nya kota Chicago. Disaat itu memang peralihan instrumen untuk musik blues terjadi yang tadi nya memakai gitar akustik lalu di upgrade dengan memakai gitar listrik. 

Willie Dixon dan Muddy Waters disebut-sebut sebagai pelopor musik Chicago Blues dan Blues Modern yang dua-dua nya menginspirasi band-band rock legendaris seperti The Rolling Stones dan Led Zeppelin.  Pendiri-pendiri grup musik Rolling Stones sangat terinspirasi dengan musik-musik nya Muddy Waters dan nama band Rolling Stones pun terinspirasi dari salah satu lagu Muddy Waters yang berjudul "Rollin' Stone". Siapakah Muddy Waters ini?

Muddy Waters dilahirkan dengan nama McKinley Morganfield ini lahir dari keluarga Amerika kulit hitam. Ibu nya meninggal saat melahirkan McKinley. Sedari kecil ia dirawat oleh nenek nya dan nama panggilan "Muddy" adalah nama panggilan dari nenek nya karena McKinley kecil suka bermain di tempat yang berlumpur. Keluarga nya McKinley ini tidak mengetahui tanggal lahir McKinley ini namun berdasarkan sensus Amerika Serikat tahun 1920, McKinley sudah berusia 5 tahun dan McKinley menyatakan kalau ia lahir tahun 1915 meskipun belum 100% benar tanggal kelahiran nya.

Sejak McKinley masih kecil, ia diajak nenek nya setiap minggu ke gereja dan mendengarkan nenek nya ikut dalam paduan suara di gereja. Melihat nenek nya aktif di gereja dan menyumbangkan suara nya untuk lagu-lagu pujian di gereja, McKinley tertarik dengan musik dan mulai belajar bermain gitar dan harmonika di usia nya yang masih 8 tahun. McKinley aktif dengan kegiatan di gereja hingga ia berumur 17 tahun dan menyatakan ia ingin fokus bermusik. 

Di umur nya yang ke 17 tahun, McKinley menjual seekor kuda nya untuk membeli sebuah gitar. Kuda yang dijual oleh McKinley ini adalah kuda terakhir yang dimiliki McKinley dan nenek nya. Uang hasil penjualan kuda, ia bagikan ke nenek nya dan membeli sebuah gitar akustik merk Stella. Sisa uang penjualan kuda ia simpan untuk karir bermusik nya. 

Setelah ia sudah memiliki gitar, McKinley mulai tampil di kota dekat kampung halaman nya. Ia juga sering tampil di halaman rumah William Howard Stovall seorang kolonel Amerika Serikat. 

McKinley sudah mulai berani memainkan lagu ciptaan nya sendiri di depan banyak orang dengan musik blues klasik nya. McKinley pun berkeinginan ingin merantau ke kota besar untuk kesuksesan karir bermusik nya karena ia yakin ia akan sukes di dunia musik.

McKinley mulai disukai banyak orang di sekitar rumah milik sang kolonel, William Howard Stovall. Halaman dumah milik Stovall ini memang dijadikan tempat untuk mengadakan pertunjukan musik dari musisi-musisi yang memainkan musik-musik Country, Blues dan Etnik. McKinley sering tampil di kediaman Stovall hingga ia mulai dikenal oleh orang-orang yang menyaksikan diri nya tampil disana. 

Pertunjukan musik di rumah nya Stovall ini mulai terdengar di telinga Alan Lomax. Alan Lomax adalah seorang musisi dan juga pencari bakat untuk musisi-musisi yang memainkan musik-musik Country, Blues dan Etnik. Bulan Agustus 1941, Alan Lomax berkunjung ke kediaman Stovall dan bertemu dengan McKinley. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x