Mohon tunggu...
Bayu Christian
Bayu Christian Mohon Tunggu... Musisi dan Creative Concept

Lead Vocal and Guitarist Bunker 225 (www.bunker225.com) , Creative Concept. Classic Rock 50's - early 90's maniac

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Grace Slick, Kelinci Putih yang Sukses Tampil di 3 Festival Musik Rock Paling Ikonik

7 Desember 2019   02:25 Diperbarui: 24 Desember 2019   03:49 50 3 0 Mohon Tunggu...
Grace Slick, Kelinci Putih yang Sukses Tampil di 3 Festival Musik Rock Paling Ikonik
Grace Slick of Jefferson Airplane | sumber: morrisonhotelgallery.com

Ketika mendengar musik rock pasti identik dengan musiknya para pria. Namun banyak juga Wanita yang menyukai musik rock dan ikut kedalam musik rock. Nama-nama seperti Janis Joplin, Stevie Nick dan Joan Jett mungkin tidak asing bagi penggemar musik rock klasik tetapi siapakah Grace Slick?.

Grace Slick yang memiki nama asli Grace Barnett Wing  lahir di Highland Park, Illinois 30 Oktober 1939 dari keluarga keturunan Norwegia dan Swedia. 

Keluarganya saat itu sering berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti Ayahnya bekerja. Di awal era 50an, keluarganya menetap di San Fransisco dan Grace melanjutkan SMA di sana. Grace kemudian melanjutkan kuliah di New York dan di Florida sampai tahun 1959. 

26 Agustus 1961 saat Grace Slick masih berumur 21 tahun, Slick menikah dengan Gerald "Jerry" Slick atau lebih dikenal Jerry Slick. Jerry Slick adalah teman kuliahnya Grace dan saat itu Jerry masih seorang Mahasiswa dan seorang pembuat film juga. 

Setelah menikah dengan Jerry Slick, Grace memakai nama belakang Slick dan menjalani karir sebagai model selama tiga tahun. Jerry sebenarnya kurang yakin menikah dengan Grace karena Grace belum pantas berumah tangga namun karena Jerry cinta akhirnya dia menikahi Grace. 

sumber: https://societyofrock.com
sumber: https://societyofrock.com
Setelah menjalani karir sebagai model, ditahun 1965 Grace Slick bersama suami dan teman-temannya membuat grup musik The Great Society setelah mereka melihat penampilan Jefferson Airplane di San Fransisco. 

Jerry Slick ditugaskan di posisi drum yang permainannya masih biasa saja karena ia belum berpengalaman bermain drum dan Grace Slick menjadi vokalis di band The Great Society. The Great Society merilis single "Somebody to Love" dibulan Februari 1966. 

Grace Slick mulai membuat lirik lagu dan musik "White Rabbit" yang liriknya dibuat setelah ia mengkonsumsi LSD atau Acid. Di era pertengahan 60an hingga akhir 60an, LSD banyak dipakai musisi-musisi saat itu bahkan Steve Jobs dan Bill Gates juga pernah mencoba LSD untuk mencari inspirasi.

September 1966, Signe Toly Anderson vokalis Jefferson Airplane keluar dari band. Keputusannya sudah bulat karena ia baru melahirkan anak pertamanya dan berhenti bermusik. Saat itu nama band Jefferson Airplane cukup dikenal di San Fransisco. 

Jack Casady bassis Jefferson Airplane akhirnya mengajak Grace Slick untuk bergabung di band menggantikan Signe Toly Anderson. Grace Slick sepakat dan bergabung bersama Jefferson Airplane di bulan Oktober 1966. Setelah kepergian Grace Slick dari The Great Society, akhirnya band tersebut bubar di akhir tahun 1966.

sumber: https://jeffersonairplane.com
sumber: https://jeffersonairplane.com
Setelah Grace Slick bergabung di band psychedelic Jefferson Airplane, Grace langsung disibukan rekaman album ke 2 Jefferson Airplane yang direkam dari tanggal 31 Oktober 1966 hingga 16 November 1966. Grace merekam ulang lagu "White Rabbit" dan "Somebody to Love" yang sebelumnya sudah direkam saat masih bersama The Great Society.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x